Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pos Kesehatan Pelabuhan, Prioritaskan Layanan bagi Penumpang
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Sabtu | 13-08-2011 | 13:22 WIB

BATAM, batamtoday - Para pemudik yang akan berangkat ke kampung halaman tidak perlu merasa kuatir karena pihak pelabuhan telah menyediakan pelayanan kesehatan bagi penumpang yang sakit. Penumpang akan mendapat pertolongan pertama di Pos Kesehatan Pelabuhan Sekupang.

Dikatakan oleh dokter Lies Setyorini, dokter pelabuhan karantina kesehatan Sekupang pada Sabtu, 13 Agustus 2011 bahwa pos kesehatan didirikan di empat tempat yaitu di Bandara Internasional Hang Nadim, Pelabuhan Internasional Sekupang, Pelabuhan Punggur dan di Sekupang.

"Di setiap pos terdapat empat orang tenaga kesehatan yang selalu siap menangani pasien," kata Lies.

Adapun tugas dari pos kesehatan adalah melakukan pertolongan  pertama kepada penumpang yang mengalami sakit ringan seperti pusing, mabuk laut, luka ringan, pingsan dan sebagainya. Apabila ada penumpang yang mengalami sakit parah biasanya akan langsung dirujuk ke rumah sakit dalam penanganan lebih lanjut.

"Kalau di sini untuk melakukan pertolongan pertama aja. Jika sakit parah akan kita rujuk ke rumah sakit," ujar Lies.

Untuk masa mudik lebaran, akan dilakukan penambahan tenaga kesehatan karena penumpang akan membludak dan kemungkinan lebih banyak yang membutuhkan pertolongan. Penambahan tenaga medis akan dilakukan selama sebulan penuh sejak tanggal 16 Agustus nanti.

"Masa mudik ada penambahan tenaga medis. Pos kesehatan akan buka sesuai dengan jadwal keberangkatan kapal, kalau kapal mulai berangkat jam lima, kita juga standby mulai jam segitu," tuturnya.