Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siswa Singapura Diwajibkan Bersihkan Sekolah
Oleh : Redaksi
Senin | 29-02-2016 | 11:28 WIB
sekolah_singapura.jpg Honda-Batam
(Sumber foto: education-singapore.sg)

BATAMTODAY.COM - Para siswa di Singapura harus segera menjaga agar sekolah mereka bersih dan rapi karena akan diberi tugas harian untuk membersihkan sekolah.

Departemen Pendidikan mengatakan mereka ingin menumbuhkan rasa tanggung jawab kaum muda dengan mengajak mereka terlibat dalam menjaga sekolah mereka sendiri.

Murid-murid akan diminta untuk membersihkan berbagai ruangan termasuk ruang kelas, koridor dan kantin, tapi toilet tetap akan dibersihkan para pembersih profesional, demikian lapor surat kabar Singapura The Independent.

Sekolah-sekolah akan diizinkan untuk menentukan sendiri pada pukul berapa tugas tersebut harus dilakukan, baik sebelum atau setelah pelajaran, atau selama waktu istirahat.

Kebijakan baru ini akan berlaku untuk siswa mulai dari Sekolah Dasar, dan akan diselnggarakan di seluruh negeri pada akhir 2016, kata situs Straits Times.

Singapura mengikuti jejak Jepang, di mana siswa sudah lama bertugas menyapu, mengepel dan membersihkan debu di sekitar gedung sekolah mereka, dan sering melayani makan siang di kantin untuk teman sekelas mereka.

Seorang ibu mengatakan bahwa dia mendukung langkah tersebut karena akan mendorong anak-anak untuk memiliki kebiasaan baik dari usia muda.

Sumber: BBC