Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Perumahan di Sagulung Selalu Krisis Air ATB
Oleh : Harun Al Rasyid
Kamis | 25-02-2016 | 09:26 WIB
macet.jpg Honda-Batam
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Batam - Setidaknya 3 perumahan yang berada di Sagulung Batam, hingga kini masih kesulitan mendapatkan air dari PT. Adhiya Tirta Batam (ATB). Yaitu, Perumahan Griya Permai, Perumahan PGRI, dan Perumahan Sagulung Baru. Untuk bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga sebagian warga terpaksa menampung air pada jam malam.

Derita itu bertambah setelah ATB mengalami gangguan perbaikan pipa saluran air dan mengakibatkan sejumlah daerah tidak mendapatkan pasokan air bersih. Warga di perumahan inipun berharap dengan adanya perbaikan saluran air ATB, air akan mengalir normal ke perumahannya. 

"Paling parah tahap dua sini, kalau siang tak hidup sama sekali apalagi kalau sekarang mati air. Tambah payah,"kata Tina warga Griya Permai tahap dua, Rabu (24/2/2016). 

Diwaktu normal sekalipun, aliran air diperumahan ini selalu mengalami gangguan dengan volume air yang kecil dan itupun terdapat diluar rumah. Tina mengatakan pada hari Sabtu dan Minggu air di perumahan mereka tidak mengalir sama sekali. Untuk mencukupi kebutuhan mencuci piring dan mandi,  ia terpaksa meminta ke rumah tetangga. 

"Kalau gak ke tetangga kita beli air galon buat mandi. Sekarang mati air terpaksa itu (beli air galon, red) solusinya,"tutur Tina. 

Sementara itu hal serupa juga dirasakan oleh warga Perumahan PGRI, di sini air juga kerap mati pada siang hari. "Sekarang mati belum hidup. Emang sering mati, walaupun ada perbaikan atau tidak,"ujar Rahmah warga MKGR saat ditemui di rumahnya. 

Di Perumahan Kavling Sagulung Baru juga sama, air pada siang hari sering macet. Warga Sagulung berharap setelah adanya perbaikan dari pihak ATB air bisa kembali mengalir dengan normal. "Katanya ada perbaikan, semoga aja di tempat kali bisa stabil air masuk," harap Erik Sihotang. 

Editor: Dardani