Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Makanan Kadaluarsa dalam Parsel Lebaran

BPOM Kepri dan Dinkes Batam Gelar Razia Makanan
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Kamis | 11-08-2011 | 13:38 WIB
BPOM.gif Honda-Batam

Staf BPOM saat mengamati produk makanan dalam razia makanan kadaluarsa di sejumlah pusat perbelanjaan di Batam. (Foto: Hendra Zaimi)

BATAM, batamtoday - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepulauan Riau bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam menggelar razia makanan kadaluarsa di sejumlah pusat perbelanjaan pada Kamis, 11 Agustus 2011.

"Kita merazia makanan yang disediakan dalam parsel lebaran, jangan sampai ada yang kadaluarsa," kata Mardianto, staf Pemeriksaan, Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM Kepri kepada wartawan.

Mardianto mengatakan razia ini mereka gelar dari tanggal 3 hingga 12 Agustus 2011. Sedangkan syarat utama makanan yang disertakan dalam parsel lebaran yakni tidak kadaluarsa, non alkohol dan tidak mengandung babi demi mewujudkan makanan yang sehat dan halal.

Hingga hari ini setidaknya sudah enam kawasan yang dijadikan sasaran razia secara acak oleh BPOM yakni Penuin, Jodoh, Nagoya, Tiban dan Sekupang dengan menyusur berbagai pusat perbelanjaan maupun pasar yang tersebar di kawasan tersebut.

"Selama kami gelar razia ini, hingga hari ini kami menemukan adanya bahan makanan berbahaya ataupun kadaluarsa," kata Mardianto.

Pihaknya sempat mengamankan sejumlah minuman suplemen asal Thailand yang marak diperjualbelikan namun tidak disertai izin edar dari BPOM.