Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Personel Pos AL Sabang Mawang Selamatkan KM Setia Usaha di Laut Natuna
Oleh : Charles Sitompul/Rilis
Kamis | 11-02-2016 | 15:46 WIB
lampa_kapal.jpg Honda-Batam
Personel Pos Angkatan Laut Sabang Mawang saat melakukan operasi penyelamatan KM Setia Usaha yang kecelakaan di perairan Natuna. (Foto: Dispen Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Personel Pos Angkatan Laut Sabang Mawang yang berada di jajaran Lanal Ranai melakukan penyelamatan KM Setia Usaha berkapasitas 3 GT, yang mengalami kecelakaan pada Rabu (10/2/2016) siang di perairan Natuna.

Peristiwa berawal KM Setia Usaha yang dinakhodai oleh Wan Anjas dan ABK Hasan sedang membawa muatan minyak solar subsidi sebanyak 3 ton dari dermaga Selat Lampa menuju Dusun Telok Melam Desa Tanjung Batang, Kecamatan Pulau Tiga. Saat di perjalanan, tiba-tiba muatan minyak solar tersebut bergeser ke bagian kiri pompong yg mengakibatkan pompong tersebut hilang keseimbangan atau oleng sehingga tenggelam.

"Komandan Pos Angkatan Laut, Letda Laut (P) Agung mendapat informasi segera memerintahkan anggotanya yang berada di Posal untuk memberikan pertolongan terhadap KM Setia Usaha yang sudah separuh badan pompong tenggelam." demikian bunyi siaran pers Dispen Lantamal IV Tanjungpinang, Kamis (11/2/2016).

Pompong KM Setia Usaha akhirnya berhasil diapungkan kembali, tidak terdapat korban jiwa serta muatan solar sebanyak 3 ton dapat diselamatkan. Selanjutnya pompong KM Setia Usaha ditarik menuju Pelabuhan Sungai Selat Lampa, Ranai.

Pompong KM Setia Usaha dengan ABK Hasandan pemilik kapal bernama nama Wan Anjas merupakan agen minyak bersubsidi di Desa Tanjung Batang Kecamatan Pulau Tiga.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lantamal IV Kolonel Laut (P) S. Irawan mengapresiasi kesigapan anggota Posal Sabang Mawang yang membantu dan menyelamatkan kapal KM Setia Usaha dan ABK-nya sehingga tidak terjadi korban jiwa serta kapal berhasil diselamatkan 

Editor: Dodo