Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mall, Pilihan Favorit Ngabuburit Pemuda Batam
Oleh : Hendra Zaimi / Magid
Selasa | 09-08-2011 | 16:10 WIB
belanja1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi - suasan di pusat perbelanjaan

BATAM, batamtoday - Ngabuburit sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, termasuk di Batam.  Istilah ini berasal dari bahasa Sunda, burit artinya waktu menjelang malam hari atau waktu Maghrib. Jadi ngabuburit selama bulan puasa adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, yaitu saat berbuka puasa.

Di Batam sendiri, banyak tempat yang dijadikan lokasi ngabuburit oleh warga Batam, antara lain pantai, mall, warnet dan taman internet. Namun, kini pusat perbelanjaan dan mall menjadi tempat favorit anak muda Batam dalam mengisi menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Pantauan batamtoday, dibeberapa mall besar di bilangan Nagoya dan Jodoh, pusat perbelanjaan dan mall ramai dikunjungi anak muda Batam, baik usia sekolah maupun yang berada dibangku kuliah.

"Enakan ngabuburit di mall, ga kerasa jalanin puasanya. Selain bisa cuci mata, kita bisa ngumpul bareng sama teman-teman," ujar Anggi, pelajar SMU Kartini Batam kepada batamtoday, Selasa, 9 Agustus 2011.

Senada dengan Anggi, Wendy, Mahasiswa Universitas Batam (Uniba) mengatakan dirinya sengaja mengisi waktu buka puasa dengan ngabuburit di mal. Dia dan komunitasnya sering ngumpul di mal dengan dilanjutkan buka puasa bersama.

"Dari pada cuma tidur-tiduran di rumah, mendingan ngabuburit bareng teman-teman. Puasakan tidak harus malas-malasan,' ujarnya.

Dia menambahkan, selain bisa ngumpul bareng teman-teman, ngabuburit diisi dengan kegiatan positif seperti mengerjakan tugas kuliah dan browsing internet gratis memanfaatkan fasilitas yang ada di mal.

"Sambil ngabuburit kita juga bisa ngerjain tugas kuliah, makanya kami milihnya mall biar biasa internetan gratis," lanjut Wendy sambil mengutak-atik laptopnya.

Namun tidak hanya kawula muda Batam yang mengisi waktu berbuka di mall, tampak juga pekerka kantoran yang datang ke mall untuk ngabuburit bersama rekan kerja mereka. Bahkan, para orang tua juga sengaja membawa anak-anak mereka untuk sekedar ngabuburit di mall.