Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Botol Aqua di Rumah Bupati Bintan Terpilih Ini Berisi Cairan yang Gampang Meledak
Oleh : Harjo
Jum'at | 22-01-2016 | 18:45 WIB
temuan_barang_yg_di_duga_bahan_peledak_di_Bintan_Timur...jpg Honda-Batam
Botol Aqua yang berisi bensin ini ditemukan dikediaman Bupati Bintan terpilih  (Foto : Harjo)

B‎ATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kapolres Bintan AKBP Cornelius Wisnu Adji Pamungkas menyampaikan, temuan barang yang dilaporkan sebagai diteror bom di kediaman Bupati terpilih Kabupaten Bintan, Apri Sujadi, di Kampung Kolong Enam Kijang, Bintan Timur, Jumat (22/1/2016), bukanlah bom karena tidak ada pemicu ledakan berupa detonator.


Namun, benda yang berupa botol air kemasan dan berisi cairan tersebut bisa meledak bila dipicu atau ada percikan api. "Benda yang berada dalam botol tersebut berbetuk cairan seperti bensin, hanya meledak kalau ada percikan api. Tapi itu juga tidak kuat daya ledaknya, karena botol terbuat plastik, bukan botol kaca," terangnya.

Cornelius menerangnya, Saprul (53) warga Kampung Kolong Enam RT 01/22 adalah orang yang pertama kali menemukan benda yang mencurigakan di halaman rumahnya.  Sebelumnya, ia telah memindahkan benda tersebut dari halaman rumahnya ke parit.

Sebelum memindahkan barang tersebut, dia sempat membuka dan milihat isi bungkusan dan diketahui terdapat botol merk aqua berisi cairan dan paku kecil yang di dalamnya dililit isolasi warna hitam, dengan bola lampu spiral menempel.


"Karena  merasa benda tersebut berbahaya, Saprul melaporkan temuan tersebut ke  Mapolsek Bintan Timur. Selanjutnya aparat kepolisian datang dan mengamankan lokasi, mengamankan barang bukti (BB) serta berkoordinasi dengan Kasat Brimob Polda kepri," ujarnya.

Berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), setelah barang mencurigakan tersebut diamankan dan dicerai-beraikan secara manual, diketahui benda mencurigakan tersebut adalah 1 botol aqua 600 ml, 1 bola lampu spiral merk philip 8 watt dan sepasang sambungan antena.

Selain itu, lilitan dalam kabel antena yang sudah terkupas sepanjang 10 cm, beberapa buah paku serta bensin sebanyak seperempat botol aqua. Selanjutnya semua barang bukti sudah diamankan di Mapolres Bintan.

Editor: Udin