Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Produksi Manufaktur di Batam Turun
Oleh : sumantri/ sn
Senin | 08-08-2011 | 13:24 WIB
Aktivitas_Pekerja_Pabrik.jpg Honda-Batam

Ilustrasi Aktivitas Pekerja Pabrik

BATAM, batamtoday - Produksi Industri Manufaktur Besar dan Sedang pada triwulan I tahun 2011 mengalami penurunan sebesar 1,40% dibandingkan produksi Triwulan IV tahun 2010 (q-to-q).

Direktur Investasi, Marketing, dan Humas BP Batam, Rustam Hutapea, menyebutkan, beberapa sektor produksi yang mengalami penurunan pada triwulan satu ini dibandingkan triwulan IV 2010 adalah industri Kimia dan Barang-Barang dari Bahan Kimia mengalami penurunan sebesar 4,43%.  

"Produksi Industri Karet dan Barang dari Karet dan Barang dari Plastik mengalami penurunan sebesar 7,86%, produksi Industri Logam dasar mengalami penurunan sebesar 14,67%, dan produksi Industri Radio, Televisi dan Peralatan Komunikasi serta Perlengkapannya mengalami penurunan sebesar 8,45%," ujarnya kepada batamtoday, saat acara buka puasa bersama Pemko Batam beberapa waktu lalu.

Selanjutnya produksi Industri Barang-barang dari Logam, kecuali mesin dan Peralatannya mengalami kenaikan sebesar 2,75% dibandingkan Triwulan IV tahun 2010, yang diikuti produksi Industri Mesin dan Perlengkapannya juga mengalami kenaikan sebesar 19,10%.

Produksi Industri Mesin Listrik Lainnya dan Perlengkapannya mengalami kenaikan sebesar 13,63%. dibandingkan Triwulan IV tahun 2010.

Selama triwulan I-2011, variable investasi memperlihatkan kenaikkan dan penurunan yang masih dalam tahap wajar. Bahkan jika dibandingkan dengan triwulan yang sama, angka atau hitung-hitungan investasin pada triwulan I tahun ini masih lebih baik dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun lalu.