Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Koma Sepekan, Bayi Korban Penyiksaan Ibu Membaik
Oleh : Harun Al Rasyid
Rabu | 20-01-2016 | 16:10 WIB
IMG_20160120_122651.jpg Honda-Batam
Beginilah kondisi JI saat ini, setelah siuman dari koma. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah sekitar seminggu mengalami koma, kondisi AS (1), balita yang disiksa Jl (22) yang merupakan ibu kandungnya, kini perlahan membaik. 


Sejak Jl dipolisikan Jum'at (15/1/2016) lalu, AS diasuh ibu Yani salah satu perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batuaji. Kondisi badannya terliha segar bugar dengan berat badan bertambah satu kilo. 

"Alhamdulillah sekarang kondisi AS sudah membaik dibandingkan pertama kali ia di RSUD. Berat badanya juga naik sekilo," terang Yani. 

Warga Tanjung Riau, RT 01 RW 02, Sekupang itu menjelaskan, kondisi AS pertama kali di bawa ke RSUD sangat memprihatinkan. Selain dalam kondisi tidak sadar, terdapat luka lebam disekujur badan terutama dibagian dada. Sementara dibagian kepala ada bekas luka akibat benturan benda keras. Selain itu tulang dada bocah malang itu bengkok. 

"Pertama dibawa kesini sangat memprihatinkan. Banyak luka lebam, kepala ada bekas luka, kondisi pasien tak sadarkan diri. Kakinya saja keras gak bisa ditekuk,"tuturnya. 

Lanjut Yani, mendapatkan kondisi AS tidak sadarkan diri dan dalam keadaan koma, pihak RSUD langsung melakukan penangan secara intensif. Berbagai penanganan dilakukan dokter termasuk memberikan pompa pernafasan 

"Sempat koma jadi kita bantu pompa napas. Pasien koma selama kurang lebih satu minggu," ujar Yani. Baca: Ibu 'Raja Tega' Dipolisikan di Polsek Sagulung

Sementara itu, Nuraini, Humas RSUD Embung Fatimah menjelaskan, untuk sementara, Yani masih menjadi ibu asuh untuk merawat AS. Ia berharap AS segera sembuh dan menunggu kejelasan pihak-pihak terkait terkait hak asuh. 

"Sementara dititipkan ke Yani sebagai ibu asuh, jadi relawan untuk mengasuh sementara. Pokoknya sampai sembuh dulu sambil kita tunggu bagaimana selanjutnya," ujar Nuraini. 

Ketika ditemui BATAMTODAY.COM, terlihat AS tenang dalam dekapan Yani ibu asuhnya. Beberapa kali ia merengek meminta susu botol ditaruh di atas meja. ‎

Editor: Dardani