Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Jurus Agar Bisa Bangun Pagi
Oleh : Redaksi
Minggu | 17-01-2016 | 10:31 WIB
tidur_by_afp.jpg Honda-Batam
Terlelap. (Foto: AFP)

BATAMTODAY.COM, London - Banyak pekerja yang memiliki kesulitan untuk bisa bangun pagi. Bila diberi pilihan antara tidur lagi sebanyak 10 menit atau melompat keluar dari tempat tidur, sebagian besar orang akan memilih untuk menekan tombol alarm setiap kali alarm berbunyi, terkadang bahkan hingga dua kali.


Tapi apakah rahasia karier yang sukses adalah untuk menjadi orang yang bangun pagi dan mencintai Senin pagi? Pikirkan bagaimana Anda dapat menyelesaikan masalah bangun pagi dengan mudah.

Kami mengunjungi situs Quora untuk mendapatkan beberapa saran tentang bagaimana menjadi orang yang mencintai pagi hari.

Sebagai makelar perumahan di Seattle, Ardell Della Loggia, menulis bahwa dia harus menjadi seorang yang bisa bangun pagi dan seperti seekor burung hantu karena kliennya sering membutuhkannya di luar jam kantor 9 hingga 5 sore.

"Bagi saya trik untuk menjadi orang yang mencintai pagi dan malam adalah untuk tidur siang, biasanya pukul 14:00-16:00 di suatu tempat.

Saya biasanya cenderung melakukan pekerjaan administratif di pagi hari. Sebagian besar membalas-balas email," tulisnya.

"Jika Anda ingin menjadi produktif di pagi hari dan tetap aktif di malam hari dan memiliki waktu kerja yang fleksibel seperti saya, cobalah untuk tidur siang. Membantu jika Anda menyebutnya 'tidur untuk tenaga' dan banyak orang sibuk yang tetap aktif di pagi dan malam hari menggunakan 'tidur untuk tenaga' untuk membuat semuanya bekerja dengan baik. "

Sedangkan trik untuk bangun lebih awal adalah merencanakan tidur malam Anda, menurut responden Andy Ooi yang menyebut beberapa "kebiasaan kecil" untuk "mengubah Anda ke pahlawan tidur super."

Diantaranya:

Belajarlah untuk menikmati kegelapan. "Matikan telepon, TV, komputer dan semua lampu 10-30 menit sebelum waktu tidur reguler Anda. Duduk di sofa Anda," kata Ooi.

Pastikan kamar tidur Anda segelap mungkin. "Miliki tirai gelap. Juga pastikan tidak ada lampu buatan di kamar tidur.''
"Tolak teknologi dari kamar tidur Anda, yang berarti tidak ada Facebook atau Whatsapp. Berpikirlah positif sebelum Anda tidur.

"Saya terbiasa masuk ke tempat tidur dengan berpikir, 'Oh Tuhan, saya hanya memiliki lima jam untuk tidur. Saya lelah'," tulisnya.

"Alih-alih membawa keluhan dan perasaan negatif, bawalah energi positif," tulis Ooi.

"Berhenti berpikir mengenai tantangan hari berikutnya. Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat menaklukkan hari berikutnya semudah mengunyah keripik kentang. "

Responden lain mengatakan mengabaikan kecanduan mereka memberi mereka awal yang baik untuk hari mereka.
"Sesekali saya menghentikan semua konsumsi kafein untuk sementara waktu," tulis Andreas Blixt.

"Satu hal menarik yang terjadi setiap kali (saya melakukan ini) adalah bahwa saya mulai menjadi orang yang bekerja lebih pagi."

Sementara jika dia minum kopi, ia mengatakan dia harus berjuang untuk keluar dari tempat tidur hingga pukul 10:00, tetapi tanpa kopi dia bangun secara alami pukul 08:00 atau bahkan sebelumnya, "dan merasa lebih segar daripada ketika saya minum kopi."

Blixt menyebut bahwa "itu terjadi kepada saya setiap kali saya berhenti minum kopi, jadi mungkin itu layak dicoba. Sementara saya melakukan itu, saya juga menghindari minum minuman berenergi, teh hitam atau hijau dan gula yang tidak perlu."

Sable de Oliveira menyarankan untuk minum yang banyak sebelum tidur dan menempatkan telepon Anda atau alarm di sisi lain dari kamar tidur Anda.

"Kewajiban untuk harus bangun untuk mematikannya dan dikombinasikan dengan kebutuhan mendesak untuk lari ke toilet akan membuat Anda tidak terus menerus mematikan alarm dan tidur kembali."

Endorfin

Mendapatkan endorfin Anda segera setelah Anda bangun bisa menjadi kunci. Bruno Valle menawarkan satu trik sederhana: mengatur alarm untuk kapan Anda ingin bangun dan segera setelah itu berdering, buka mata Anda, ambil ponsel Anda dan membaca email pekerjaan Anda.

"Ini akan membuat adrenalin Anda meningkat, begitu Anda melihat banyak tanda waspada: nama atasan Anda, 'to-do' atau tugas-tugas yang harus Anda lakukan, berbagai masalah, email-email menjengkelkan," kata Valle.

Spencer Pettus juga memilih untuk bangun "begitu alarm Anda berbunyi."

Dia menulis bahwa ini adalah bagian paling penting terlepas apakah Anda tidur terlambat atau tidak. Dia menyarankan cara yang baik untuk melakukan hal ini, "segera setelah Anda bangun, lemparkan lengan Anda ke udara dan berteriak: 'Yeeeeee!' Anda pun akan terjaga"

Tapi hal ini tidak dianjurkan jika Anda tidur dengan orang lain, kata Pettus memperingatkan. (Sumber: BBC Indonesia)