Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gol Jordon Ibe Buka Peluang Liverpool ke Final Piala Liga Inggris
Oleh : Redaksi
Rabu | 06-01-2016 | 10:57 WIB
selebrasi-ibe-getty.jpg Honda-Batam
Selebrasi Jordon Ibe bersama Firmino usai membobol gawang Stoke City, (Sumber foto: Liverpool FC via Getty Images)

BATAMTODAY.COM - Gol Jordon Ibe menjadi satu-satunya gol yang tercipta dan membuat The Reds memperbesar peluang untuk lolos ke babak final Piala Liga musim ini.

Liverpool melakoni partai tandang ke Britannia Stadium untuk pertandingan semifinal Piala Liga leg pertama, Rabu (6/1/2016) dini hari WIB. Menghadapi Stoke City, Klopp memilih untuk memasang Firmino, Coutinho dan Lallana di lini depan. Demikian dilansir situs resmi Liverpool.

Sejak peluit awal berbunyi, The Reds langsung memberikan tekanan kepada tuan rumah. Bahkan dalam 8 menit awal tercatat dua tendangan penjuru dan beberapa tendangan ke gawang sudah dilepaskan oleh Firmino dan Lallana.

Tekanan yang diberikan oleh pasukan Klopp membuat tuan rumah gagal mengembangkan permainan. Sementara kerjasama apik Firmino dan Coutinho terus menebar ancaman.

Menit 18 Liverpool diharuskan melakukan pergantian pemain lebih awal karena Coutinho tampak cedera. Jordon Ibe akhirnya masuk untuk mengisi posisinya.

Peluang emas didapatkan oleh Ibe di menit 28 setelah sebuah umpan silang mampu diterimanya dengan baik namun dirinya gagal melepaskan tendangan yang sempurna.

Nasib kurang baik kembali membayangi Liverpool di menit 33. Kali ini Lovren mengalami cedera dan harus digantikan oleh James Milner.

Menit 37, sebuah serangan balik cepat akhirnya membuahkan hasil. Lallana mampu lepas dari perangkap offside, melepaskan umpan silang dan diteruskan oleh Allen kepada Ibe yang tidak terkawal. Sebuah tendangan dilepaskan oleh Ibe dan bersarang ke gawang Stoke. Liverpool unggul 1 - 0.

Tertinggal satu gol membuat tuan rumah lebih agresif dalam memberikan tekanan. Namun hingga babak pertama usai, kedudukan tidaklah berubah. 

Tidak ada pergantian pemain saat babak kedua dimulai. Klopp juga masih meminta pasukannya tetap menekan. Namun kali ini tuan rumah yang menunjukkan kegigihan mereka untuk menyamakan kedudukan.

Duo Kolo Toure dan Lucas yang berperan sebagai palang pintu di belakang harus bekerja keras menahan serangan demi serangan yang dilancarkan. Kedisiplinan Moreno dan Clyne dalam menutup umpan silang juga sangat penting dalam pertandingan ini.

Menit 80, Klopp menarik Allen dan memasukkan Benteke untuk menambah tekanan. 

Jelang laga usai, tampak Kolo Toure mengalami cedera. Namun dengan 3 pergantian pemain yang sudah dilakukan, maka Toure tetap berada di lapangan dan membantu semampunya saja.

Tambahan waktu 3 menit akhirnya usai dan The Reds tetap unggul 1 - 0 serta memperbesar peluang untuk lolos ke babak final Piala Liga.

Editor: Dodo