Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ada 16 Kasus Narkoba yang Diungkap Polres Bintan Selama 2015
Oleh : Harjo
Senin | 28-12-2015 | 14:35 WIB
sabu-ilustrasi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi narkotika sabu.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Pengungkapan kasus tindak pidana narkoba oleh Satres Narkoba Polres Bintan pada tahun 2015 ada peningkatan, baik dari segi kuantitas dan kualitasnya termasuk  barang bukti serta tersangkanya.

Ajun Komisaris Besar Polisi Cornelius Wisnu Adji Pamungkas Polres Bintan,  kepada BATAMTODAY.COM usai apel gelar pasukan operasi lilin seligi di Mapolres Bintan, menyampaikan untuk data pengungkapan kasus tindak pidana narkotika di wilayah Polres Bintan selama  2015sebanyak 16 kasus berhasil diungkap  dengan jumlah tersangka 26 orang, sementara jumlah barang bukti narkoba jenis sabu seberat  65,33 gram dan jenis ganja seberat 735,65 gram.

Sementara perbandingan jumlah kasus yang berhasil diungkap   tahun 2014, sebanyak 11 kasus atau laporan polisi dengan jumlah tersangka sebanyak 19 orang serta  jumlah barang bukti, jenis sabu seberat 50,23 gram dan barang bukti ganja seberat 20,51 gram.

"Dalam pengungkapan kasus  ada peningkatan tahun 2015,  meningkat sebanyak 5  kasus, begitu  juga tersangka bertambah  sebanyak 7 orang, termasuk jumlah barang bukti jua bertambah," terangnya.

Adapun tempat pengungkapannya wilayah hukum Polres  Bintan, dianataranya di Kijang Bintan Timur, Kelurahan Kawal, Kecamatan gunungkijang, Tanjunguban kecamatan Bintan Utara serta km 16 dan Km 18 Kecamatan Toapaya.

Untuk mengantisipasi masuknya barang haram tersebut, Polres Bintan meningkatkan  pengawasan di tempat-tempat  seperti di pelabuhan rakyat atau pelabuhan tidak resmi serta  pelabuhan resmi.  Karena di Bintan banyak pelabuhan pelabuhan tidak resmi sangat sulit untuk di deteksi sehingga tidak tertutup kemungkinan menjadi salahsatu pintu masuknya berbagai jenis Narkoba.

"Peran serta dan kepedulian masyarakat sangat menentukan dalam mengantisifasi masuknya barang haram tersebut. Kalau mendapatkan informasi atau melihat, mendengar tentang narkoba, segera melaporkan ke kantor polisi terdekat," harapnya.

"Karena Narkoba adalah merupakan musuh kita semua,  yang bisa merusak masa depan bangsa dan generasi penerus kita. Sehingga jangan  pernah untuk  mencoba dan karena  mencoba Narkoba, membuat orang  ketagihan. Kita harus lawan itu peredaran gelap narkoba," imbuhnya.

Editor: Dodo