Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Safari Ramadhan Perdana Walikota
Oleh : Charles/ sn
Rabu | 03-08-2011 | 19:24 WIB
Safari_Ramadhan_Perdana_Wako_Tanjungpinang_di_Mesjid_Darussalam.JPG Honda-Batam

Safari Ramadhan Perdana Walikota Tanjungpinang di Masjid Darussalam. batamtoday/ charles

TANJUNGPINANG, batamtoday - Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam momen bulan Ramadhan, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Bagian Kesra, mengisi acara Ramadhan dengan kegiatan melaksanakan safari Ramadhan ke sejumlah masjid yang ada di Kota Tanjungpinang.

Untuk kegiatan safari ramadhan yang pertama, dilaksanakan Walikota Tanjungpinang dan Wakil Walikota di masjid Darussalam, Selasa 3 Agustus 2011. Dimulai dengan sholat Isya' berjama’ah, dilanjutkan dengan sholat Tarawih. Walikota Tanjungpinang bersama sejumlah unsur SKPD dan Muspida, turut serta hadir dalam kegiatan tersebut.

Setelah sholat berjamaah selesai, Walikota Tanjungpinang Suryatati A Manan menjawap pertanyaan sejumlah masyarakat mengatakan, pertanyaan dari pengurus masjid yang menanyakan tujuan dilaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ini adalah sebagai sarana bersilaturrahmi antar sesama muslim agar tetap terjaga. Serta untuk menjain rasa kebersamaan antara masyarakat dengan jajaran pemerintah Kota Tanjungpinang.

"Silaturrahim seperti ini, juga hendaknya dapat mempererat dan memperbaiki hubungan sesama manusia, menjaga ketenteraman, persaudaraan dan kerukunan," ujarnya.

Ketika pengurus masjid bertanya, mengenai sudah lama Pemerintah Kota Tanjungpinang tidak bersilaturrahmi ke masjid Darussalam tersebut, Suryatati menjawab, hal ini dikarenakan terbatasnya waktu yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang. Ada wirid bulanan yang dilaksanakan bergiliran di masjid pada setiap bulan.

“Jadi dalam setahun hanya dapat mengunjungi 12 masjid, sedangkan masjid yang ada berjumlah 205," jelas Suryatati.

Untuk itu, masjid yang belum mendapat giliran wirid bulanan lebih diutamakan dalam Safari Ramadhan tahun ini. Diakhir acara, Pemko Tanjungpinang memberikan bantuan kepada pengurus masjid, imam masjid, penjaga masjid, dan pengurus TPA. Acara diakhiri dengan bersalam-salaman dengan seluruh jamaah masjid Darussalam.