Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nah Loh, Kini Blatter Melawan FIFA
Oleh : Redaksi
Selasa | 22-12-2015 | 08:39 WIB
sepp_blatter_by_getty.jpg Honda-Batam
Sepp Blatter. (Foto: Gatty)

BATAMTODAY.COM, Zurich - Sepp Blatter, Presiden FIFA yang diskors, menegaskan dirinya akan melawan keputusan komite etik yang menjatuhkan sanksi larangan terlibat dalam semua kegiatan sepak bola selama delapan tahun.

Komite etik mengeluarkan keputusan tersebut hari Senin (21/12) terkait pembayaran US$2 juta, atau sekitar Rp27,6 miliar, pada 2011 kepada presiden UEFA, Michel Platini, yang ia katakan sebagai pembayaran kerja konsultasi yang dilakukan Platini.

Platini juga menerima sanksi yang sama, yang dinilai menutup peluangnya untuk menggantikn Blatter dalam pemilihan presiden FIFA pada Februari 2016.

Blatter menyatakan pihaknya akan mengajukan banding ke FIFA, ke Mahkamah Arbitrase Olahraga (CAS), dan ke pengadilan federal Swiss. "Saya akan melawan, baik bagi saya maupun bagi FIFA ... saya dilarang selama delapan tahun ini untuk apa? Saya telah menjadi samsak tinju," kata Blatter.

Tokoh sepak bola berusia 79 tahun ini menyebut kasus yang disangkakan kepada dirinya sangat berdampak terhadap keluarganya.

"Keluarga saya dihina," kata Blatter yang di akhir jumpa pers mengatakan ia akan kembali berkiprah di dunia sepak bola.
Sementara itu UEFA mengatakan kecewa dengan keputusan komite etik FIFA.

"Kami jelas sangat kecewa dengan keputusan ini. UEFA tetap mendukung hak Platini untuk banding dan mendukungnya untuk memulihkan nama baik," kata UEFA. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani