Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Walikota Tanjungpinang Resmikan Posyandu Tunas Alam
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 08-12-2015 | 19:30 WIB
LNKY9361.jpg Honda-Batam
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat meresmikan posyandu yang berada di Jalan R.H. Fisabilillah, Gg. Salam Tanjungpinang. (foto : Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Warga masyarakat yang bermukim di Jalan R.H. Fisabilillah, Gg. Salam Tanjungpinang bisa tersenyum bahagia, pasalnya penantian berdirinya tempat pelayanan kesehatan kini telah terwujud. 

Peresmian tempat pelayanan kesehatan itu, ditandai dengan pembukaan selubung papan Posyandu dan pemotongan pita oleh Walikota Tanjungpinang yang saat itu didampingi Ketua TP-PKK Hj Yuniarni Pustoko Weni SH, Kadis Kesehatan Rustam, Camat, serta Lurah Sungai Jang.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan dengan berdirinya posyandu di wilayah ini, diharapkan bisa bermanfaat bagi warga sekitar,” Manfaatkanlah bagunan posyandu ini, dengan melakukan aktifitas kesehatan. Tak hanya itu,, wargapun bisa memanfaatkan sebagai sarana berkumpul untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi warganya,” katanya, Selasa (8/12/2015) dilokasi.

Menurutnya, masyarakat di wilayah Gg. Salam ini sangat kompak. Kebersamaannya-pun terlihat begitu tinggi.  Bahkan dengan solidaritas yang tinggi di daerah ini, ketua RT dan WR mampu mengajak warganya untuk menjaga lingkungan. "Canangkanlah program lingkungan, seperti menjadi kampung penghijauan dan disetiap rumah warga terdapat tanaman. Kedepan wilayah ini dapat menjadi percontohan di Kota Tanjungpinang,” ujar Lis

Untuk lebih memotivasi kinerja para kader Posyandu agar lebih aktif melayani kesehatan masyarakat, Lis Darmansyah akan mengupayakan peningkatan insentif bagi para kader Posyandu. ”Saya akan berusaha semampu saya, untuk meningkatkan insentif kader posyandu yang semula setahunnya sebesar Rp2 juta akan ditingkatkan menjadi Rp3 juta pertahun. Namun, saya lihat dulu dari kemampuan anggaran daerah kita, mudah-mudahan bisa terwujud,” tutup Lis.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan bahwa pembangunan posyandu yang ditunggu-tunggu warga selama ini, merupakan komitmen dari visi-misi pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui akses kesehatan. Ia berharap dengan adanya posyandu ini, warga di Gg. Salam selalu sehat dan lebih produktif serta dapat mengembangkan ekonominya.

Lebih jauh dikatakan, warga disini bisa lebih aktif melaksanakan rutinitas kegiatan kesehatan, seperti  mengadakan senam pagi satu minggu sekali. Bahkan posyandu ini tidak saja digunakan untuk pelayanan kesehatan balita saja, namun remaja dan kaum manulanya-pun bisa memeriksa kesehatan di sini. "Kami akan menugaskan petugas kesehatan, Bidan.Bahkan kita akan mengupayakan adanya dokter disini, minimal satu minggu sekali,” katanya

Disamping itu, guna mewujudkan kota sehat dan bersih, warga bisa memanfaatkan lahan kosong posyandu untuk menanam pohon dan dimanfaatkan oleh kelompok usahanya. ” Bapak/ Ibu bisa memanfaatkan lahan kosong untuk menanam pohon. Bisa juga dengan cara menanam hidroponik dan untuk pengembangan usaha, Bapak/ Ibu bisa memanfaatkan pejualan oleh-oleh tanjungpinang. Dengan demikian kita bisa mewujudkan Kota Tanjungpinang menjadi kota sehat dan kota pariwisata.Silahkan gunakan dan manfaatkan posyandu ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan memberikan bantuan kesehatan berupa satu unit kursi roda, vitamin bagi balita dan kartu BPJS. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Walikota dan Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang.

Acara itu juga turut dihadiri, Camat Bukit Bestari, Riwayat S. Sos, Lurah Sungai Jang, Bobby Satya Kifana,  Ketua RT dan RW, para Kader Posyandu serta warga masyarakat di wilayah Gg. Salam.


 
Editor : Udin