Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gojukai Indonesia Karimun Kirim 3 Atlet Ikuti Pertandingan Internasional
Oleh : Nursali
Sabtu | 21-11-2015 | 21:50 WIB
Ratusan_Peserta_Karate-Do_Gojukai_Indonesia_Kabupaten_Karimun_Ikuti_Ujian_Kenaikan_Sabuk_(KYU).jpg Honda-Batam
Para murid perguruan Karate-Do Gojukai saat mengikuti kenaikan tingkat. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, KarimunPerguruan Karate-Do Gojukai Indonesia Karimun akan mengirim 3 atlet untuk mengikuti pertandingan Karate-DO Gojukai tingkat Internasional di Jakarta pada 25 November 2015 mendatang. Salah satu diantaranya adalah Nita Fransiska (11), warga Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun.

Ketua Karate-Do Gojukai Kabupaten Karimun, Taufiq Sihombing saat menggelar ujian kenaikan sabuk (Kyu) di Gedung Persatuan Keluarga Sumatera Barat (PKSB), Tanjungbalai Karimun mengatakan, perguruan binaan Kodim 0317/Tbk ini akan kembali mengirim atlet ke tingkat Internasional. 

Pengiriman ini diharapkan dapat meneruskan prestasi sebelumnya, yang berhasil memboyong beberapa medali emas pada kejuaraan yang sama di tingkat nasional pada Agustus 2015 lalu.

"Kita terus berupaya melatih para cikal bakal atlet ini untuk dapat mengharumkan nama keluarga dan daerahnya," ujar  Dandim 0317GTBK, Letkol, Inf. Dec Jerry Simanungkalit, S.I.P melalui Pasi Ops KODIM 0317/TBK, Kapten, Inf. Taufiq Sihombing kepada pewarta di Gedung PKSB, Tanjungbalai Karimun, Sabtu (21/11/2015).

Seni beladiri jenis karate, tambahnya, terbuka untuk umum tanpa memandang suku dan agama. Di samping itu perguruan Gojukai ini pun lebih membentuk rasa solidaritas dan kekeluargaan antar pengurus dan peserta perguruan tersebut.

"Sebab pada dasarnya seorang atlet itu tidak ada yang hebat, yang ada adalah atlet yang terlatih. Nah sekarang bagaimana melatih mental dan fisik mereka jika kita mengenyampingkan rasa kekeluargaan diantara mereka," paparnya.

Sebanyak 150 lebih peserta yang mengikuti ujian kenaikan sabuk (Kyu) ini. Mereka terdiri atas berbagai usia dan tingkat kemampuannya yang ditandai sabuk putih, kuning, hijau, dan coklat.

Sementara itu, simpai (guru) Karate-DO Gojukai, Wedi mengatakan, kegiatan ini sengaja dicipatakan agar para siswanya lebih memiliki rasa percaya dirinya. Sehingga, dengan itu secara bersamaan mentalnya juga akan terbentuk dengan sendirinya.

"Tanpa ada dukungan dari orang tua, tidak ada satu atlet pun yang berprestasi, contohnya sudah banyak. Dan saya nyatakan kalian lulus semua," jelas Wedi. 

Editor: Dardani