Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPW Gerak Keris Natuna dan Anambas Tolak Putusan DPP Dukung Sanur
Oleh : Harjo
Kamis | 19-11-2015 | 17:53 WIB
gerak_Keris_(1).jpg Honda-Batam

PKP Developer

Logo Gerak Keris. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Rakyat Kepulaun Riau Sukses (Gerak Keris) Kabupaten Anambas dan Natuna, menolak keputusan DPP Gerak Keris mendukung pasangan nomor urur 1 HM Sani-Nurdin Basirun pada Pilkada Kepri, 9 Desember 2015.


Penolakan itu diungkapkan Siska, Sekertaris DPW Gerak Keris Natuna kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (19/11/2015). Siska menegaskan, pihaknya menolak keputusan DPP mendukung Sanur. Karena keputusan tersebut tidak terlebih dahulu dilakukan konsolidasi dengan pengurus yang ada di tingkat DPW.

"Putusan mendukung Sanur oleh DPP dilakukan hanya sepihak oleh DPP Gerak Keris. Karena sebelumnya DPP Gerak Keris tidak melakukan konsolidasi terlebih dahulu dan DPP tidak melibatkan DPW dalam membahas soal dukungan kepada salah satu calon para Pilkada Kepri," tegas Siska.

Di sisi lain, kata Siska, soal Nurdin Basirun memiliki kelamahan dalam syarat pencalonan sudah menjadi rahasia umum. HM Sani juga mengalami hal yang sama, dimana saat mendaftarkan diri tidak melampirkan photo copy Izajah SMP dan SMA.

"Itu yang menjadi dasar DPW Gerak Keris Natuna menolak putusan DPP mendukung Sanur, selain kurangnya konsolidasi dari DPP sebelum mengambil Putusan," ungkapnya. Baca: Gerak Keris Dukung Sanur, Kasus Nurdin Jalan Terus


Sementara itu, Gatot Indra Gunawan, Wakil Ketua DPP Gerak Keris, kepada BATAMTODAY.COM membenarkan adanya penolakan atas keputusan DPP Gerak Keris yang memberikan dukungan kepada Sanur.

"Natuna dan Anambas memang secara tegas menolak putusan DPP Gerak Keris dan permasalahan ini, masih kita bahas dengan pengurus DPP," katanya.

Selanjutnya, Ketua Umum DPP Gerak Keris, Humaidi mengakui saat memutuskan untuk memberikan dukungan kepada Sanur. Memang belum melibatkan DPW Gerak Keris yang ada di wilayah, bukan berarti tidak akan melakukan konsolidasi ke bawah.

"Saat mengambil putusan memang belum melibatkan DPW dan bukan berarti meninggalkan pengurus lainnya, tetapi dengan adanya putusan tersebut, kita akan melakukan konsolidasi ke bawah. Mengingat dalam memberikan dan memenangkan calon, butuh  dukungan dari arus bawah. Ada pun pertimbangnya, karena gerak keris sangat melekat dengan unsur Melayu, artinya tetap mengutamakan dan  mempertahankan marwah Melayu," terangnya.

Humaidi lebih jauh menjelaskan, apa yang sudah diputuskan oleh induk Gerak Keris  adalah keputusan mutlak dan sudah bulat, serta sudah melalui berbagai pertimbangan. Selanjutnya pengurus Gerak Keris, akan terus melakukan konsolidasi ke pengurus tingkat DPW, demi memenangkan pasangan Sanur pada Pilkada Kepri.

Editor: Dardani