Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FIFA Larang Blatter dan Platini Urus Bola
Oleh : Redaksi
Kamis | 19-11-2015 | 09:40 WIB
blatter_platini_by_afp.jpg Honda-Batam
Blatter dan Platini, keduanya dilarang urus bola. (Foto: AFP)

BATAMTODAY.COM, Zurich - Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) menolak banding yang diajukan oleh presiden, Sepp Blatter, dan ketua Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Michel Platini, terkait larangan sementara terjun di dunia sepak bola selama 90 hari.


Mereka diskors dari seluruh kegiatan persepakbolaan bulan lalu di tengah tuduhan korupsi, tetapi mereka menegaskan tidak bersalah atas tuduhan tersebut.

Blatter, 79, dituding meneken kontrak yang "merugikan" FIFA dan membuat pembayaran "ketidaksetiaan" kepada Platini pada tahun 2011.

Blatter menyebut pembayaran sebesar Rp27,8 miliar itu sebagai "kesepakatan tak tertulis" dan pembayaran sah atas jasa yang diberikan Platini sebagai penasihat Blatter.

Kedua orang tersebut kemudian mengajukan banding untuk membatalkan skors terlibat dalam aktivitas sepak bola. Namun komite banding FIFA menolak permohonan mereka pada Rabu (18/11). "Presiden Blatter kecewa atas keputusan hari ini," kata pengacaranya, Richard Cullen.

Platini sudah menyatakan tekad untuk memimpin FIFA. Ditambahkannya, Blatter bertekad membersihkan namanya.
Adapun Platini, yang akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden FIFA, mengatakan ia akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbritase Olahraga.

Sementara skors berlaku, ia tidak boleh berkampanye di pemilihan presiden yang akan digelar pada Februari tahun depan. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani