Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis Ajak Masyarakat Tingkatkan Partisipasi Memilih di Pilkada Serentak
Oleh : Habibi/Rilis
Rabu | 11-11-2015 | 16:24 WIB
lis-sosialisasi-pilkada.jpg Honda-Batam
Wali kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah memberikan sambutan dalam sosialisasi pilkada di Bukit Bestari. (Foto: humas Pemko Tanjungpinang)

BATAMTODAY.COM - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) pada 9 Desember 2015 mendatang, Badan Kesbangpol Penmas Kota Tanjungpinang mengadakan sosialisasi Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Pelaksanaaan Pemilu Kepala Daerah Provinsi Kepri di Halaman Kantor Kecamatan Bukit Bestari pada Rabu (11/11/2015).

Dalam sosialisasi itu, Wali kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah meminta kepada seluruh masyarakat untuk memberikan hak suaranya pada pilkada 9 Desember mendatang.

"Camat, Lurah, RT/RW dapat mengundang warganya, tanyakan hal-hal apa yang menjadi kendala, kenapa mereka tidak datang ke TPS, kenapa mereka tidak menggunakan hak pilihnya, dengan evaluasi itu, mudah-mudahan kita bisa berupaya mendongkrak partisipasi pemilih pada pilkada mendatang," kata Lis.

Kepala Kesbagpol Penmas Kota Tanjungpinang, Wan Kamar, mengatakan kegiatan adalah untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pada pilkada mendatang, sehingga dapat berjalan sukses.

Ia menjelaskan, di Kecamatan Bukit Bestari terdapat 73 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 40,478, pada Pilgub 2014 lalu, jumlah pemilih yang tidak memilih mencapai  41,98 persen, yang memilih 58,02 persen.

"Untuk pilpres lalu, jumlah masyarakat yang tidak memilih sebesar 36,3 persen, yang memilih sebesar 63,7 persen, sementara untuk Legislatif 2014 lalu, jumlah pemilih yang tidak memilih mencapai 41 persen, sedangkan yang memilih sebanyak 59,9 persen,"jelasnya.

Dia berharap dengan adanya sosialisasi di Kecamatan Bukit Bestari ini, jumlah partisipasi pemilih dari tahun ke tahun dapat meningkat.

Editor: Dodo