Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Pasangan Calon Kepala Daerah Lingga Pilih Gelar Kampanye Akbar di Dabo
Oleh : Nur Jali
Selasa | 27-10-2015 | 16:27 WIB

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Empat pasangan calon bupati dan wakil bupati Lingga memilih Lapangan Merdeka Dabosingkep untuk dijadikan lokasi kampanye akbar atau rapat umum yang akan digelar mulai tanggal 1 Desember 2015.

Ketua Divisi hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Lingga Irham mengatakan, masing-masing calon sesuai aturan KPU hanya dibolehkan satu kali melaksanakan kampanye akbar dan lokasi ditentukan oleh pasangan masing-masing.

"Sebenarnya kita sudah menyiapkan beberapa lokasi, untuk kampanye akbar ini, namun semuanya memilih Dabosingkep untuk melaksanakan kampanye akbar," kata Irham, Selasa (27/10/2015).

Karena semua calon memilih lokasi yang sama, sehingga diputuskan untuk dilakukan pengundian untuk menentukan tanggal pelaksanaan kampanye yang sudah ditetapkan oleh KPU Lingga yaitu tanggal 1 - 5 Desember.

Dari hasil pengundian tersebut pasangan nomor urut 1 Ican - Isnin mendapat jadwal tanggal 1 Desember 2015, pasangan nomor urut 2 Harlianto- Alghazali. Mendapat jadwal tanggal 2 Desember 2015, dan tanggal tiga kosong atau tidak ada jadwal, dilanjutkan tanggal 4 Desember pasangan nomor urut 3 yang mendapat jadwal kampanye, terakhir pasangan nomor urut 4 AW-Nizar mendapat Jadwal tanggal 5 Desember 2015.

"Banyak calon yang meminta di hari terakhir, sehingga kita lakukan pengundian, dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan nomor urut calon," ungkapnya.

Sesuai peraturan KPU peserta rapat umum atau kampanye akbar ini, pesertanya dibatasi hanya 2 ribu orang dan hanya dilakukan satu kali sesuai jadwal yang ditentukan serta biaya kampanye juga dibatasi sesuai kesepakatan semua calon.

Editor: Dodo