Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Kampanye Berselubung

Sekcam Bengkong dan Lurah Bengkong Indah Diperiksa Panwaslu
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 12-10-2015 | 18:47 WIB
ilustrasi pilkada2.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pilkada. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Diduga melakukan kampanye berselubung Sekretaris Camat (Sekcam) Bengkong, M Taher dan Lurah Bengkong Indah, Zulkifli diperiksa oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Batam.

Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Batam, Haryanto menjelaskan pemeriksaan tersebut menindaklanjuti laporan atas pidato Sekcam Bengkong yang berbau kampanye terhadap pasangan nomor urut satu Rudi-Amsakar.

"Pidato itu, pada acara pertemuan dengan warga di Bengkong Indah pada Rabu (7/10/2015) lalu," kata Haryanto, Senin (12/10/2015).

Dalam pertemuan itu, Sekcam diduga mengajak warga memilih Rudi-Amsakar jika persoalan kemasyarakatan di sana bisa dituntaskan. Tapi hal itu masih dalam penyelidikan.

Dalam pemeriksaan, Haryanto mengatakan pihak yang bersangkutan membantah tuduhan mengampanyekan caloh petahana tersebut.

"Saya tidak pernah kampanyekan pak Rudi," kata Haryanto menirukannya.

Haryanto juga menjelaskan akan memeriksa para saksi yang hadir pada acara tersebut untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Sementara Ketua Panwaslu Batam, Suryadi Prabu mengatakan setelah melakukan pemeriksaan, pihaknya akan melaksanakan sidang pleno internal.

Jika terbukti melanggar, pihaknya akan memberikan rekomendasi tertulis kepada Wali Kota Batam Ahmad Dahlan. "Nanti Pak Wali yang memberi sanksi, kita hanya merekomendasi," katanya.

Editor: Dodo