Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rumah Sakit India Uji Coba Air Seni Sapi Sebagai Disinfektan
Oleh : Redaksi
Jum'at | 18-09-2015 | 08:01 WIB
150917110758_cow_640x360_bbc_nocredit.jpg Honda-Batam
Sapi yang dipercayai warga India sebagai hewan suci. (Foto : BBC)

BATAMTODAY.COM, Rajasthan - Satu rumah sakit pemerintah di India sedang melakukan percobaan selama dua pekan untuk menguji kemungkinan air seni sapi digunakan sebagai disinfektan atau pembersih kuman penyakit.

Uji coba atas 'Gau Clean' - sebutan untuk disinfektan dengan unsur air seni lembu itu - digunakan di unit perawatan intensif, khususnya untuk peralatan medis dan lantai rumah sakit di Jaipur, negara bagian Rajasthan, seperti dilaporkan kota The Times India.

Rumah sakit itu nanti akan melaporkan apakah cairan -yang dibuat dari air seni yang disuling- lebih efektif dari produk disinfektan kimia.

Seorang pejabat negara bagian Rajasthan mengatakan karena banyak warga India yang memiliki lembu maka ada kemungkinan air seni akan menjadi salah satu sumber pendapatan. Air seni India sudah digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional di India.

Laporan-laporan menunjukkan semakin banyak umat Hindu di India - yang melihat sapi sebagai hewan suci - yakin bahwa minum air seni sapi yang segar akan membantu mereka dalam pemulihan penyakit.

Sejumlah pihak berpendapat bahwa meningkatnya jumlah orang yang minum air seni lembu itu antara lain disebabkan oleh kampanye para pemimpin agama Hindu.

Editor: Dardani
Sumber: BBC