Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tertangkap Curi Helm, Dua Pemuda Ini Disuruh Jalan Jongkok Kelilingi Ramayana Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 17-09-2015 | 08:59 WIB
jalan-jongkok.jpg Honda-Batam
Albert dan Juanda asal Kijang saat berjalan jongkok mengelilingi pelataran parkir Ramayan Tanjungpinang usai tertangkap mencuri helm.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dua pemuda asal Kijang, Albert dan Juanda duhukum jalan jongkok mengelilingi parkiran Ramayana Tanjungpinang usai tertangkap mencuri helm di pelataran pusat perbelanjaan itu, Rabu (16/9/2015) sekitar pukul 19.30 WIB.

Menurut Mujadi, satpam pusat perbelanjaan itu, dua pemuda ini dibekuk setelah pihaknya mengintai aksi mereka. Sebelumnya, pihaknya sering menerima keluhan dari pengunjung yang dirugikan karena helm hilang.

"Kami kemudian intai mereka. Selain itu, langkah untuk meminimalisir pencurian kita lakukan dengan mendata jumlah helm pengunjung melalui karcis parkir," kata Mujadi.

Langkah pendataan helm tersebut cukup manjur, setelah petugas parkir mendapati Albert dan Juanda keluar dari Ramayana menenteng dua helm, sementara di karcisnya hanya tertera satu helm saja.

"Atas Kejadiaan ini, keduanya sempat kami tahan dan laporkan ke pimpinan satpam. Dan benar, tak lama berselang, seorang pengunjung mendatangai pos sekuriti kami dan mengaku kehilangan helm," ujar Mujadi. 

Seketika, wanita yang mengaku pemilik helm bermerek LTD warna biru itu langsung mengidentifikasi helm miliknya, dan menunjukan karcis parkirnya kepada satpam. 

"Nah, kedua pelaku baru mengakui kalau yang mengambil helm tersebut adalah mereka," ujarnya. 

Seorang anggota polisi yang sedang patroli sempat mendatangi pos satpam untuk mengetahui persoalan ini. Lantaran sang pemilik helm memaafkan kedua pelaku pencurian ini, polisi ini kemudian menghukum mereka dengan jalan jongkok keliling kawasan parkir pusat perbelanjaan tersebut.

Saat kedua pelaku menjalani hukuman ini, sempat mengundang perhatian warga lain yang melintas dan menjadi tontonan.

Sementara, kedua pelaku berdalih mencuri helm lantaran takut terkena razia saat mereka pulang ke Kijang. "Kami bawa helm 1, mau pulang ke Kijang, takut ada Razia, makanya kami ambil helm ini," kata Albert. 

Editor: Dodo