Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekolah di Lima Wilayah Malaysia Ditutup Akibat Kabut Asap
Oleh : Redaksi
Selasa | 15-09-2015 | 10:01 WIB
kabut asap malaysia epa bbc.jpg Honda-Batam
Kabut asap menyelimuti pusat pemerintahan Malaysia di Putra Jaya, (Sumber foto: EPA via BBC)

BATAMTODAY.COM - Pemerintah Malaysia menutup sekolah di lima wilayah negara tersebut menyusul semakin memburuknya Indeks Pencemaran Udara akibat kabut asap kiriman dari Indonesia.

Laman BBC pada Selasa (15/9/2015) melaporkan, sekolah yang ditutup sementara berada di Kuala Lumpur, Putrajaya, Negara Bagian Selangor, Negara Bagian Melaka dan Negara Bagian Negeri Sembilan.

"IPU (Indeks Pencemaran Udara) menghampiri 200. Semua sekolah di Selangor, Kuala Lumpur, Putrajaya, Negeri Sembilan dan Melaka ditutup esok 15.9.2015," demikian pernyataan Kementerian Pendidikan sebagaimana dilaporkan kantor berita Bernama.

Pengumuman itu sejalan dengan pernyataan sebelumnya oleh Menteri Pendidikan Datuk Seri Mahdzir Khalid bahwa sekolah akan ditutup apabila IPU mencapai tingkat 200.

Asap akibat kebakaran hutan di Indonesia memperburuk polusi udara di Malaysia dan Singapura. Di Singapura indeks polusi meningkat menjadi 222 pada Senin kemarin (14/09).

Di Indonesia sendiri, kualitas udara di Kota Pekanbaru dan Palembang pada Senin masuk kategori berbahaya seiring dengan meningkatnya jumlah titik api di Sumatra. Setidaknya, tercatat 1.143 titik panas di pulau itu.

Sumber: BBC