Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Nafsu Makan bagi Penderita Kanker dengan Bumbu Alami
Oleh : Vemale.com
Senin | 07-09-2015 | 09:00 WIB
bumbu_dapur.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net.

BATAMTODAY.COM - BUMBU-bumbuan dan rempah-rempah telah lama digunakan dalam untuk pengobatan, seperti konstipasi dan masalah pencernaan lainnya. Meski belum ada penelitian yang menunjukkan tentang manfaat langsung dari bumbu-bumbuan dan rempah-rempah dalam memerangi kanker dan efek sampingnya, manfaat tidak langsung dari bumbu-bumbuan dan rempah-rempah ini mungkin akan lebih mudah untuk dikenali.

Ketika kehilangan nafsu makan saat menjalani pengobatan kanker, bumbu-bumbuan dan rempah-rempah berikut ini akan membantu merangsang indera perasa dari penderita kanker dan membantu meningkatkan nafsu makannya.

1. Jahe
Disebutkan dalam laman www.dummies.com, jahe telah lama digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit ringan mulai dari flu hingga masalah pencernaan. Rasa hangat yang diberikan oleh jahe ketika dikonsumsi dapat membantu meringankan rasa mual tidak nyaman dalam perut penderita kanker selama masa pengobatan.

2. Kunyit
Aroma dan rasa yang khas dari kunyit akan membantu meningkatkan nafsu makan penderita kanker. Selain rasa dan aromanya, kunyit juga unggul dengan bahan aktifnya yang terbukti memiliki manfaat sebagai zat anti-oksidan dan zat anti-inflamasi.

Jadi, menambahkan kunyit dalam makanan penderita kanker akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mereka selama masa pengobatan.

3. Bawang Putih
Bumbu yang tidak pernah ketinggalan dalam sebagian besar menu masakan Indonesia ini memiliki rasa umami yang dapat meningkatkan selera makan. Selain itu, bawang putih juga merupakan sumber alami dari arginin, oligosakarin, flavonoid, dan selenium.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi bawang putih juga terbukti dapat mengurangi risiko terkena kanker seperti kanker pankreas, usus, dan esofagus.

4. Rosemary
Aroma rosemary yang khas dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan siapapun yang tengah kehilangan nafsu makan, termasuk penderita kanker. Selain itu, rosemary juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan yang mungkin terjadi sebagai efek samping selama masa pengobatan kanker. Rosemary juga kaya akan zat anti-oksidan yang bermanfaat untuk memerangi sel kanker dalam tubuh.

5. Daun Mint
Aroma dan rasanya yang khas membuat rempah satu ini sangat digemari oleh sebagian besar orang. Daun mint memiliki manfaat untuk merenggangkan otot-otot perut yang kaku dan membantu melancarkan aliran bile sehingga membuat makanan lebih mudah diterima oleh perut dan tidak dimuntahkan kembali. (*)

Editor: Roelan