Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejak Januari 2015, RSUD Tanjunguban Sudah Rawat 83 Pasien DBD
Oleh : Harjo
Selasa | 01-09-2015 | 17:59 WIB
RSUD-Kepri-Tanjunguban.gif Honda-Batam
RSUD Tanjunguban.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sejak Januari 2015, sedikitnya sudah 83 kasus demam berdarah dengue (DBD) yang ditangani oleh RSUD Tanjunguban. Jumlahnya meningkat tajam pada dua bulan terakhir, bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Setiap bulan ada kasus DBD yang ditangani oleh RSUD Tanjunguban dan yang paling banyak pada bulan Januari serta dua bulan terakhir," ungkap Ranty, Humas RSUD Tanjunguban kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (1/9/2015).

Ranty menyampaikan jumlah kasus DBD yang ditangani oleh RSUD Tanjunguban untuk bulan Januari berjumlah 16 pasien, Februari 4 pasien, Maret 2 pasien, April 6 pasien, Mei 7 pasien, Juni 10 pasien, Juli 20 pasien dan Agustus 16 pasien atau berjumlah 81 kasus.

"Seluruh kasus DBD pihak RSUD Tanjunguban, terus berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat atau sesuai domisili pasien. Termasuk menyampaikan data pasien apabila pasien bukan rujukan dari Puskesmas," terangnya.

Sementara, Eis Herawati selaku Kepala Puskesmas Metingi Tanjunguban, menyampaikan untuk kasus DBD yang ditangani oleh pihaknya sejak Januari sudah berjumlah 40 pasien.

"Kalau jumlah pasien DBD sudah mencapai 40 pasien yang sudah kita tangani sejak Januari-Agustus 2015. Jumlah tersebut, lebih jauh lebih besar  bila dibandingkan dengan tahun 2014," ungkap Eis.

Eis menyampaikan untuk secara rinci berapa persentase peningkatannya, memang belum bisa disampaikan karena masih terus dilakukan pendataan.

"Untuk data pasti, baik jumlah dan persentasenya. Saya tidak bisa pastikan karena saya sedang di luar kantor. Namun untuk antisipasi dan penanggulangan semakin menyebarnya kasus DBD, petugas Puskesmas terus melakukan sosialisasi serta pencegahan terhadap lingkungan masyarakat," katanya. 

Editor: Dodo