Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penderita TB Terbesar di Indonesia Timur
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-12-2010 | 11:40 WIB

Jakarta, batamtoday - Kasus Tuberkulosis (TB) paling banyak ditemukan di daerah Indonesia bagian Timur seperti Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku. Saat ini tital penderita TB di Indonesia sekitar 299 ribu orang.

Demikian dikutip batamtoday dari laman VOAindonesia, Sabtu (18/12/2010).

Kepala Seksi Bimbingan dan Evaluasi Dikrektorat Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Dr Asik Surya, Jumat (17/12/2010) di Jakarta  menjelaskan hingga saat ini kasus Tuberkulosis ini banyak ditemukan di daerah Indonesia bagian Timur seperti Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku. Hal tersebut menurut Dr. Asik disebabkan karena infrastruktur dan petugas kesehatan yang belum memadai dan juga faktor geografis.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan melakukan percepatan pembangunan kesehatan di wilayah-wilayah tersebut untuk menangani masalah penyakit menular itu.

"Kita (kementerian kesehatan.red) membuat suatu mobile yang terdiri dari dokter, perawat dan sebagainya, mereka yang sudah dibekali dengan teknis laboratorium dan sebagainya, mereka yang keliling dari kampung ke kampung. Sementara yang di Maluku, di situ satu pulau itu dibuat suatu puskesmas semacam puskesmas rujukan kalau dulu pulau satu merujuk pulau yang lainnya."ujarnya.

Meskipun saat ini penderita Tuberkulosis di Indonesia sekitar 299 ribu orang namun jumlah ini menurut Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan,  Tjandra Yoga Aditama,  telah menurun dari tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan Data Badan Kesehatan Dunia (WHO)  pada tahun 2007 menyatakan jumlah penderita Tuberkulosis di Indonesia sekitar 528 ribu atau berada di posisi tiga di dunia setelah India dan Tiongkok. Laporan WHO pada tahun 2009 mencatat peringkat Indonesia menurun ke posisi lima dengan jumlah penderita TB sebesar 429 ribu orang.

Dengan terus menurunnya jumlah penderita TB di Indonesia, Tjandra Yoga yakin Indonesia akan berhasil mencapai tujuan pembangunan Millenium (MDGs) yang salah satunya memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya termasuk Tuberkulosis. Tjandra Yoga juga meminta peran serta pemerintah daerah dalam menganggulangi TB.

"Kita tahu pelayanan kesehatan apapun juga saat ini sudah didesentralisasikan sehingga peran daerah akan sangat penting dalam penanggulangan TB ini."tegas Tjandra.