Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

NBC Setujui Kontrak Baru Hak Siar Liga Primer Inggris
Oleh : Redaksi
Kamis | 13-08-2015 | 10:29 WIB
epl_live_on_tv.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Liga Primer Inggris telah mengumumkan kesepakatan baru dengan stasiun TV Amerika, NBC Universal yang akan menayangkan siaran langsung pertandingan kompetisi Liga Primer Inggris untuk enam tahun ke depan.

Sebelumnya, stasiun TV NBC sudah memiliki hak siar itu dengan nilai US$83 juta (sekitar Rp1,1 triliun) per musim.

Liga Primer belakangan ini merundingkan hak siar TV untuk siaran di luar Inggris, sesudah mengamankan kesepakatan dengan BT Sport dan Sky -mulai tahun 2016-2017- untuk di Inggris Raya dengan nilai kontrak £5,1 miliar yang merupakan rekor baru. Rekor ini membuat kesepakatan sebelumnya £1miliar per musim jadi terasa amat kecil.

Kesepakatan dengan stasiun TV Amerika ini merupakan tambahan kepada hak siar domestik dan meliputi seluruh pertandingan Liga Primer musim 2016-2017 hingga 2021-2022. Namun Liga Primer dan NBC tidak mengungkapkan berapa nilai kontrak baru ini.

Direktur Liga Primer Richard Scudamore mengatakan siaran NBC Universal di dua musim sebelumnya telah meningkatkan minat terhadap klub-klub Liga Inggris dan kompetisi secara keseluruhan dalam skala yang belum pernah tercapai sebelumnya.

Hak siar keseluruhan termasuk beberapa wilayah kaya seperti Timur Tengah dan Afrika Utara, akan menambah penghasilan lagi sekitar £2 miliar.

Sumber: BBC