Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata Tertawa Itu Bisa Melangsingkan Tubuh
Oleh : Redaksi
Kamis | 06-08-2015 | 11:33 WIB
tertawa.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Tidak hanya menyenangkan, kata orang tua, sering tertawa juga bikin orang awet muda lho. Karena tertawa sama dengan olahraga wajah. Tahukah Anda bahwa tertawa masih punya banyak manfaat sehat yang lain. Salah satunya adalah dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Jadi bila merasa gemuk dan ingin lebih langsing, jangan hanya memasukkan program diet dan olahraga, masukkan juga tertawa dalam terapi Anda. Tak percaya? Simak penjelasannya di sini.

Membakar kalori 
Para peneliti dari Vanderbilt University di Nashville, Tennesse, menemukan bahwa tertawa terbahak-bahak mampu meningkatkan detak jantung sebanyak 10-20%. Artinya, tertawa selama 10-15 menit dapat membakar 10-40 kalori. Semakin sering Anda tertawa, semakin banyak juga kalori yang terbakar. Jadi, sering-seringlah tertawa di samping berolahraga. 

Mengurangi stres 
Saat Anda tertawa, kadar hormon kortisol atau hormon stres di dalam tubuh turun. Semakin sedikit stres, semakin tinggi juga daya tahan Anda. Demikian menurut  Psikolog Janice Kiecolt-Glaser, PhD dan ahli imunologi Ronald Glaser, PhD, dari Ohio State University College of Medicine seperti dikutip dari situs American Psychological Association. Tertawalah lebih sering walau hanya tawa yang ringan. 

Menurunkan tekanan darah 
Tertawa juga bisa menurunkan tekanan darah yang kerap menjadi penyebab stroke atau serangan jantung. Anda sulit tertawa? Coba untuk memperbanyak koleksi film komedi atau banyak bergaul dengan orang yang humoris.

Tertawa itu menular. Ini bukan mitos. Suara tawa seseorang dapat mengaktifkan bagian kortikal di otak yang memberi sinyal agar otot-otot wajah bergerak menyesuaikan. Suara tawa itu ternyata punya efek yang sama terhadap otak orang lain.

Demikian menurut penelitian Sophie Scott, pakar ilmu syaraf di  University College London seperti dilansir oleh situs Live Science.  

Tertawalah maka dunia akan tertawa bersama Anda. Tidak ada obat gratis yang lebih baik dibanding tertawa dengan hati yang gembira. 

Sumber: meetdoctor.com