Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puskesmas Batuaji Belum Layani Pasien Rawat Inap
Oleh : Gokli/Dodo
Jum'at | 15-07-2011 | 13:01 WIB

BATAM, batamtoday - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Batuaji, sejauh ini hanya menangani pasien yang rawat jalan, apabila ada pasien yang harus dirawat inap lagsung dirujuk ke rumah sakit umum. Hal ini dikarenakan ruangan untuk rawat inap belum tersedia.

Pimpinan Puskesmas Batuaji, Harri Fajri Z. menegaskan masalah penanganan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) hanya sebatas pemeriksaan, dan apabila ada kecuriagaan bahwa pasien mengidap penyakit DBD akan segera di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batuaji, atau rumah sakit lain.

"Di puskesmas ini belum bisa melayani pasien yang rawat inap," ungkap Harri saat ditemui batamtoday di ruang kerjanya.

Harri juga menambahkan setelah pasien dirujuk kesalah satu rumah sakit, nantinya hasil pemeriksaan laboratorium dari rumah sakit tersebut akan dikirim ke puskesmas, dan apabila pasien positif mengidap penyakit DBD, maka pihak puskesmas akan mendatangi rumah pasien untuk melakukan pemeriksaan dengan radius 100 m2.

"Kita akan membasmi jentik nyamuk di sekitaran rumah pasien dan mengadakan penyuluhan kepada warga sekitar,"Tambahnya.

Jumlah pasien yang pernah dirujuk dari puskesmas ini ke rumah sakit umum selama tahun 2010 berjumlah 74 orang, dan pada tahun 2011 mengalami banyak penurunan selama bulan Januari sampai Juni berjumlah enam orang.

"Selama ini belum ada yang korban, masih dapat ditangani oleh pihak rumah sakit tempat pasien dirawat," katanya.

Kebanyakan pasien yang datang berobat ke Puskesmas ini adalah para warga yang menderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), namun belum ada satupun pengidap ISPA yang diharuskan menjalani perawatan hingga menginap.