Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5th Indonesia K-UKM Expo 2011

Persiapan Produk K-UKM Hadapi ACFTA
Oleh : sumantri
Kamis | 14-07-2011 | 19:44 WIB
Safhira231.jpg Honda-Batam

Alfan Suhaeri (kedua dari kiri) Wakil Ketua Umum KADIN Provinsi Kepri

Batam, batamtoday - Dalam rangka meningkatkan daya saing, kreatifitas, produktifitas dan kemandirian Koperasi dan UKM, maka perlu dibuat berbagai kegiatan yang dapat memacu semangat dan memotivasi pengusaha Koperasi dan UKM (K-UKM) untuk mengembangkan usahanya secara sistematis, berkelanjutan dan terintegrasi, salah satunya adalah dengan penyelenggaraan pameran atau expo, seperti misalnya Indonesia K-UKM 2011, yang telah berjalan hingga 5 tahun sampai saat ini.

 

"Indonesia K-UKM Expo 2011 ke 5 tahun ini merupakan agenda tahunan dari KADIN Provinsi Kepri, yang didukung oleh Kementrian Koperasi dan UKM, Kementrian Perdagangan, Pemerintah Provinsi Kepri dan BP Kawasan, untuk memperkenalkan potensi produk Koperasi dan UKM di Batam, sebagai gerbang perdagangan wilayah barat Indonesia. Setiap tahuh penyelenggaraannya expo ini selalu memberikan hasil signifikan berupa permintaan produk-produk UKM dan Koperasi dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia, setiap tahun terjadi peningkatan," ujar Alfan Suhaeri, Wakil Ketua Umum KADIN Provinsi Kepri kepada batamtoday, Kamis sore 14 Juli 2011, disela-sela penyelenggaraan 5th Indonesia K-UKM Expo 2011.

Menurut Alfan, peningkatan bukan saja dari segi transaksi penjualan selama pameran maupun terjalinnya hubungan kerjasama pemasaran dan distribusi, tetapi melalui kegiatan pameran ini terbukti dapat memacu dalam meningkatkan daya saing. dan kualitas produk-produk unggulan, produktivitas serta kemandirian para pelaku UMKM.

Pameran Indonesia K-UKM 2011 ke 5 ini juga dirancang secara khusus dari program pemerintah Indonesia dan KADIN Indonesia yaitu 'Gebyar 100% Cinta Produk indonesia' dan 'Gerakan Nasional Gemar Produk Indonesia' melalui peningkatan daya saing dan pengembangan produk-produk kreatif unggulan Indonesia, untuk diperkenalkan pada pasar international dalam rangka persiapan menghadapi perdagangan bebas. 

"Selain persiapan Acean China Free Trade Area (ACFTA), kegiatan ini juga dalam rangka memperingati HUT Koperasi yang ke 64 tahun pada tahun ini, yang tepatnya jatuh pada tanggal 12 JUli 2011," pungkas Alfan.