Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penumpang Antarpulau Diprediksi Mulai Padati Pelabuhan Sekupang Batam Pada H-7
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 03-07-2015 | 12:09 WIB
penumpang di pbs membludak.jpg Honda-Batam
Penumpang di Pelabuhan Sekupang Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Arus penumpang dari Pelabuhan Sekupang, Batam, ke sejumlah daerah di Provinsi Kepri dan Riau, pada periode mudik tahun ini diprediksi meningkat mulai H-7 atau Sabtu (11/7/2015). Operator feri Dumai Express dan BatamJet sudah menyiagakan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut.

"Seperti tahun lalu, pada H-7 penumpang mulai naik antara 10-15 persen, dengan tujuan antarkota maupun antarprovinsi," ujar Komaruddin, Kepala Syahbandar Pelabuhan Sekupang, Jumat (3/7/2015).

Kenaikan jumlah penumpang tersebut hampir merata di beberapa tujuan. Namun yang dominan adalah tujuan Buton, Selatpanjang, Dumai, dan Tanjungbatu. "Ada dua kapal yang disiagakan. BatamJet jadi enam armada, sementara Dumai Express jadi 12 armada. Nanti kita lihat pada H- berapa jumlah penumpang sudah membeludak, baru kapal cadangan beroperasi," jelasnya.

Namun dia memprediksi jumlah penumpang mencapai puncaknya pada H-3 atau Rabu (15/7/2015). Pada saat itu, jadwal keberangkatan feri dipercepat menjadi pukul 05.30 WIB. Karena itu ruang tunggu penumpang di halaman parkir mobil akan dipindahkan agar kondisi di dalam pelabuhan nyaman dan teratur untuk para penumpang.

"Akan disediakan tenda ruang tunggu keberangkatan penumpang di halaman parkir mobil seperti tahun lalu," pungkasnya. (*)

Editor: Roelan