Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maling Bawa Kabur Uang dan Perhiasan Senilai Ratusan Juta di Vila Pesona Asri
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 27-06-2015 | 15:22 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Hanya berselang beberapa hari setelah salah satu rumah kawasan Greenland Batam Center dibobol maling, Selasa (23/6/2015) lalu, salah satu rumah yang berada di Vila Pesona Asri Blok C6 nomor 10, Batam Center, milik Syukron, juga disatroni para pencuri, Jumat (26/6/2015) kemarin.

Alhasil, para pelaku yang diduga lebih dari satu orang tersebut beraksi saat penghuni rumah tengah pergi melaksanakan shalat Jumat, dan mereka berhasil menggondol uang dan perhiasan emas dengan total kerugian sekitar Rp 100 juta lebih.

Ditemui Sabtu (27/6/2015), Syukron mengaku, kejadian tersebut terjadi saat semua anggota keluarganya tidak berada di rumah. "Saya pergi jumatan dengan anak. Kalau istri lagi ke bandara," kata Syukron.

Dijelaskan, ia mengetahui rumah dibobol maling selepas pulang jumatan. Didapati, jendela bagian depan rumahnya terbuka sedikit. "Sebelum pergi, anak saya sudah mengunci semua pintu. Pas pulang kok jendela renggang. Saya langsung cek ke dalam rumah," tuturnya.

Awalnya dia tidak curiga karena isi ruang tamu masih rapi. Namun ia langsung terperangah begitu masuk ke kamarnya, dan mendapati lemari sudah terbuka dengan bekas congkelan pada pintunya. Uang tunai sekitar Rp 30 juta dan perhiasan emas, yang ditotalkan semuanya lebih Rp100 juta sudah raib.

"Uang dan perhiasan milik keluarga saya memang disimpan dalam lemari kamar. Pintu lemari dicongkel. Kalau nilainya seratus juta lebih, mas," lanjut Syukron sambil mengenang kejadian itu.

Menurutnya, pelaku pencurian tersebut merupakan orang yang sudah mengetahui atau memetakan rumahnya. Pasalnya, pelaku langsung menuju lemari penyimpanna uang dan perhiasan tanpa mengobrak abrik ruangan lainnya.

Ia juga mengaku dua hari sebelum kejadian didatangi oleh dua orang pria yang tidak dikenalinya. Anehnya, dua pria tersebut malah mengenalinya dan menelepon seseorang.

"Awalnya saya lihat dua orang itu mengendarai sepeda motor mondar mandir di depan rumah. Kemudian mereka masuk dan mengenali saya. Saya tanya ada kepentigan apa, tapi tidak dijawab. Salah satu dari mereka saya lihat sedang menelepon seseorang sambil mengatakan kalau rumah ini memang rumah saya. Kemudian mereka pergi begitu saja," jelasnya lagi.

Kejadian tersebut juga sudah dia laporkan ke Mapolsek Batam Kota. "Polisi sudah datang ke rumah. Semoga pelaku cepat ditangkap," harapnya.

Editor: Dodo