Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Lingga Prioritaskan Pengesahan Tiga Ranperda
Oleh : Ardi/Widodo
Rabu | 13-07-2011 | 12:40 WIB
Rudi_Purwonugroho.SH.gif Honda-Batam

Rudi Purwonugroho, ketua Pansus Tim C DPRD Lingga. (Foto:Istimewa)

LINGGA, batamtoday - Panitia khusus (Pansus) yang dibentuk DPRD Lingga, dalam beberapa hari terakhir ini telah melakukan pengumpulan data dari semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Lingga dalam prioritas pengesahan tiga ranperda yang diajukan oleh pihak eksekutif.

Perda yang saat ini digesa pembentukannya adalah Ranperda Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), Ranperda Rancangan Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Ranperda Pengelolaan Aset Daerah Kabupaten Lingga. Ketiga Perda ini digodok oleh Pansus yang tergabung dalam Pansus Tim C yang dikoordinir Alghazali, Wakil Ketua I DPRD Lingga dan diketuai Rudi Purwonugroho.

”Pengumpulan data dari seluruh SKPD saat ini memang kita prioritaskan sebagai dasar pembahasan ketiga ranperda yang diajukan eksekutif sekaligus untuk mendapatkan data kebutuhan dari setiap SKPD,” papar Rudi kepada batamtoday, Rabu, 13 Juli 20111.

Rudi mengatakan sesuai dengan data yang didapatkan nantinya DPRD Lingga juga dapat melihat asumsi anggaran yang dibutuhkan juga meminta masukan dari SKPD tentang kebutuhan yang diperlukan hingga setiap instansi dapat melaksankan tugasnya dengan baik dan tujuan Rencana Strategi (Renstra) Pembangunan Jangka Menengah di Kabupaten Lingga dapat tercapai.

”Diperlukan formula yang baik tentang rencana startegi tersebut, apalagi RPJMD merupakan perwujudan program bupati dan wakil bupati terpilih. Sementara, RPJP arah pembangunan Lingga 20 tahun ke depan, untuk itu pekan lalu kita juga telah berkonsultasi ke Bappenas dengan dihadiri pihak eksekutif yakni Sekda Lingga Kamaruddin, Ketua Bappeda M. Ishak serta Bagian Hukum dan Ekbang Pemkab Lingga,” ujarnya.

Pengesahan Ranperda yang kini tengah digodok DPRD Lingga tersebut sangat penting artinya untuk membentuk sistim yang terintegrasi secara gradual bagi perkembangan pembangunan yang berkesinambungan di Kabupaten Lingga dan juga agar mendapatkan payung hukum yang jelas hingga dapat dipertanggungjawabkan.

“Kita perlu data konkrit dan formula yang handal karena ini  merupakan cermin pembangunan dalam 20 tahun Lingga kedepan jadi perlu koordinasi terpadu, Insyaallah, semua SKPD minggu ini dapat kita kunjungi,” tukas Rudi.