Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembobol Toko Ponsel di Tanjungpinang Jual Hasil Curian Via Medsos
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 04-06-2015 | 10:13 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Masyarakat Tanjungpinang dan Bintan tampaknya harus lebih selektif terhadap penjualan barang secara online yang dipasarkan melalui media sosial, terutama grup jual beli di facebook.

Karena dari pengakuan dua spesialis pembobol toko ponsel di Tanjungpinang Ramzani alias Bram dan Nurdin alias Udin, mereka menjual sejumlah hasil curiannya di Forum Sosial Media Bursa Jual Beli Barang (BJB) Tanjungpinang dan Bintan. 

"‎Kami menjual sejumlah hasil curian secara online di Forum Jual Beli (FJB) dan Bursa Jual Beli Barang (BJB) Tanjungpinang dan Bintan," kata Bram kepada wartawan di Mapolsek Tanjungpinang Barat, Rabu (3/6/2015). 

Kalau ada yang berminat, kata Bram, biasanya mereka bertransaksi dengan pembeli di depan Kuburan Belanda Jalan Kamboja. 

"Biasanya kalau ada yang minat kami janji bertemu di tangga Kuburan Belanda, dan saya sudah jual empat BlackBerry dan iPhone seluruhnya harganya Rp 4‎,2 juta," ujarnya, sambil menyebut uang hasil penjualan barang curian itu, mereka gunakan untuk foya-foya.

Ketika tertangkap di Jalan Bakar Batu, Bram mengakui dirinya dan Udin bersama rekannya Eb (DPO) sudah yang ketiga kali mencuri. Aksi itu dilakukan dengan cara memanjat tembok, berduaan dengan Nurdin dan mencongkel jendela ruko untuk masuk ke dalam toko, sedangkan rekannya‎ yang lain melihat situsi dan orang yang lewat. 

Adapun Atan yang ditangkap di Dabosingkep, Kabupaten Lingga, dikatakan Bram adalah rekannya saat mencuri di dua TKP sebelumnya, 4G Station dan Smartphone di Jalan Tambak. Dan yang diambil dari sejumlah toko yang berhasil disatroni adalah HP dan aksesoris. 

"Usai melakukan pencurian kami langsung bagi rata dan jual masing-masing," kata dia.

Sebelumnya, Nurdin alias Udin, Ramzani alias Bram dan Nadi Atan, yang merupakan spesialis pembobol toko ponsel 'keok' di tangan aparat Polsek Tanjungpinang Barat.

Udin dan Bram dibekuk usai membobol toko ponsel HP Comm di Jalan Bakar Batu pada Selasa (2/6/2015) dini hari. Sementara Atan diringkus di Dabosingkep, Lingga.

Editor: Dodo