Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek Singkep Barat Amankan Kapal Pengangkut 6 Ton Minyak Tanah di Perairan Daik
Oleh : Nurjali
Rabu | 03-06-2015 | 14:17 WIB
AKP Rusdwiantoro, Kapolsek Singkep Barat.jpg Honda-Batam
Kapolsek Singkep Barat, AKP Rusdwiantoro. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kepolisian Sektor Singkep Barat berhasil mengamankan KM Purnama GT 6 yang membawa muatan 6 ton bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis minyak tanah di perairan Daik, Lingga, Selasa (2/6/2015) petang. Diduga, minyak tanah tersebut akan diselundupkan ke Kijang, Kabupaten Bintan.

Kapolres Lingga, AKPB Surisman, melalui Kapolsek Singkep Barat, AKP Rusdwiantoro, mengatakan dirinya memimpin langsung penangkapan tersebut bersama Satpolair Polres Lingga dan beberapa anggota Polsek Singkep Barat di perairan Tanjungdatok. Selain mengamankan 6 ton minyak tanah yang diangkut kapal tersebut, polisi juga mengamankan nahkoda kapal bernama Bujang (42) dan empat orang anak buah kapal (ABK).

"Penangkapannya sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu kami bersama anggota mengikuti kapal tersebut mulai dari perairan Sungai Buluh, Singkep barat, dan terus melakukan pengejaran hingga Tanjungdatok di Daik, sekitar 6 mil dari perairan Singkep Barat," papar Rusdwiantoro kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (3/6/2015).

Saat ini sang nahkoda sudah diamankan di Mapolsek Singkep Barat, sementara kapal beserta muatan diamankan di Pos Satpolair Polres Lingga, Desa Sungai Buluh. Adapun barang bukti lain yang diamankan berupa minyak tanah denga volume 6 ton dengan rincian tiga tangki dan 16 drum.

"Kita akan terus melakukan pengembangan. berdasarkan pengakuan dari nahkoda, minyak tanah itu miliknya sendiri dan rencananya akan dibawa ke Tanjungpinang melalui Kijang," kata Rusdwiantoro. (*)

Editor: Roelan