Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Nongsa Bekuk Pencuri Spesialis Rumah Kosong
Oleh : Hadli
Senin | 01-06-2015 | 16:33 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Spesialis pencuri rumah, Andri Kurniawan(25) kandas di tangan Buser Polsek Nongsa usai beraksi di Rusunawa Jamsostek, Kabil, Kecamatan Nongsa pada Rabu (27/5/2015) lalu. 

"Pelaku beraksi sendiri saat rumah dalam keadaan kosong ditinggal kerja oleh pemiliknya, tapi masih terus kami kembangkan keterlibatan lainnya," kata Kapolsek Nongsa Komisaris Polisi Arthur Sitindoan, Minggu (31/5/2015). 

Tersangka yang merupakan pengangguran ini memanfaatkan situasi untuk menjarah ketika ditinggal pergi pemilik rumah. Bahkan, pelaku sangat terampil, dia tidak meninggalkan jejak kerusakan pintu yang telah ditargetkannya untuk bisa masuk.

"Pelaku melakukan pencurian di lokasi tanpa merusak TKP. Dugaan, pelaku sudah mengetahui dengan baik situasi rumah korban yang dijadikan target," jelas Arthur. 

Polisi menduga bukan kali pertama tersangka malakukan aksinya. Dugaan pencurian rumah sudah sudah lama dilakukan di puluhan TKP. Saat menjarah di Rusunawa Kabil, tersangka berhasil mebawa kabur 3 unit laptop, 2 unit Tab ukuran 7 Inc, kamera Nikon dan seperangkat modem. 

"Barang curiannya dimasukkan ke dalam tas polo yang ada di rumah korbannya. Diperkirakan, nilainya puluhan juta rupiah," terang Arthur kembali. 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka diancam pasal 362 KUHP tentang pencurian,  dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun penjara. 

Kata Arthur,‎ saat ini tingkat kejahatan di Batam cukup meningkat. Curat, Curanmor serta tindak kriminal Curas terus terjadi, bahkan tidak segan-segan menghabisi korbannya. Semua itu, kata dia, diduga akibat faktor banyaknya pengurangan karyawan yaang berdampak pada tindakan kriminal. 

Menyikapi, persoalan ekonomi menjadi tindak kejahatan, jajaran kepolisian khususnya Polsek Nongsa, kata dia,‎ terus melakukan antisipasi. Patroli ditingkatkan pagi, siang dan malam di tempat-tempat rawan kejahatan.

"Kami juga menjalin kerjasama dengan masyarakat di Kecamatan Nongsa melalui program Patroli Poskamling serta menyediakan layanan Quick Respon terhadap tindakan kejahatan yang dilaporkan masyarakat," tutur dia. 

Editor: Dodo