Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Targetkan 43 Rumah Rampung Dibongkar Hingga Akhir Tahun

Bongkar Rumah di Kampung Jawa, TNI AL Jamin Gunakan Pendekatan Persuasif
Oleh : Habibi
Sabtu | 30-05-2015 | 11:25 WIB
pembongkaran kampung jawa.jpg Honda-Batam
Rumah milik warga di Kampung Jawa yang dirubuhkan pada Jumat (29/5/2015) kemarin. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang menargetkan 43 unit rumah di Gang Kapaya I, Kampung Jawa, Kelurahan Tanjungpinang Barat, selesai dibongkar hingga akhir 2015. Hingga Sabtu (30/5/2015) pagi, sudah sembilan rumah di kawasan tersebut yang telah dibongkar.

''Pertama kemarin kami telah membongkar lima rumah dan Jumat (29/5/2015) sudah bertambah empat rumah lagi yang kami bongkar. Jadi totalnya sembilan yang sudah kami bongkar,'' Kata Asintel Lantamal IV Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Joni Sudianto, kepada BATAMTODAY.COM, di lokasi.

Dia membantah TNI AL telah melakukan pembongkaran secara paksa untuk mempercepat pengosongan lahan tersebut. Rumah yang telah dibongkar tersebut telah dikosongkan oleh penghuninya. Sementara pada rumah yang masih berpenghuni, Lantamal IV tetap menggunakan pendekatan persuasif.

''Jadi, sisanya 34 unit rumah yang belum kami bongkar. Kami akan membongkar bangunan tersebut jika penghuninya sudah siap untuk pindah dan bangunannya sudah dalam keadaan kosong,'' jamin Joni.

Ditambakan, luas lahan yang dimiliki TNI AL dengan dua sertifikat yaitu 5.106 meter persegi dan 934 meter persegi. Sertifikatnya dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanjungpinang dan terdaftar dalam inventaris kekayaan negara (IKN). (*)

Editor: Roelan