Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftar Balon Wawako di NasDem dan PAN

Maju di Pilkada Batam, Petra Tarigan Ingin Bersanding dengan Danir Tan
Oleh : Ahmad Romadi
Sabtu | 30-05-2015 | 08:00 WIB
petra_tarigan_daftar_nasdem.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Petra Tarigan saat mengembalikan formulir pendaftarn balon Wakil Wali Kota Batam di kantor DPW Partai NasDem. (Foto: Ahmad Romadi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kader Partai Nasional Demokrat (NasDem), Petra Paulus Tarigan, pada Jumat (29/5/2015) telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Batam ke Partai NasDem dan Partai Amanat Nasional (PAN). Mantan calon anggota legislatif (calaeg) ini didampingi belasan mahasiswa dari Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam saat mendaftar.

"Bukan saya sebenarnya yang ingin mencalonkan, tapi bisa dilihat sendiri dukungan dari masyarakat, mahasiswa, dan LSM, meminta saya untuk maju. Atas desakan mereka inilah saya beranikan untuk mendaftrakan diri," kata Petra.

Disinggung dengan siapakah ia ingin maju sehingga memilih untuk posisi Batam II, dosen Unrika itu pun menyampaikan tanpa ragu ingin maju bersama kader partai PAN yakni Danir Tan.

Menurutnya, Kota Batam ini bukanlah kota yang biasa, tapi merupakan kota Industri yang harus maju untuk bersaing dengan negara tetangga yaitu Singapura. Karena itu, dengan penduduknya yang mayoritas pendatang dari berbagai ras suku dan agama, sangat pas jika ia memimpin Batam dan disandingkan dengan salah satu kader terbaik PAN tersebut.

"Pak Danir dari suku Tionghoa muslim, sedangkan saya Batak Kristen. Jika ini digabungkan jadi satu, pasti akan menjadi kekuatan yang sangat besar untuk Batam ini," katanya beralasan.

Melihat keberhasilan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahja Purnama (Ahok) yang menang dalam pemilukada di DKI Jakarta pada waktu itu, ia berkeyakinan hal itu juga bisa terjadi di Batam jika dirinya maju sebagai wakil dari Danir Tan.

Sementara itu, Danir Tan mengucapkan banyak terima kasih kepada rombongan mahasiswa yang menyampaikan langsung dukungannya untuk menjadi balon Wali Kota Batam bersama dengan Petra Tarigan. Namun, katanya, semuan ada mekanisme di dalam internal PAN sendiri dalam menentukan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam.

"Ya, saya welcome saja, kita terima usulan itu. Tapi kan ada mekanisme-mekanisme yang harus  kita lalui," ujar Danir Tan.

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat PAN akan mengadakan survei untuk semua balon yang sudah mendaftarkan diri di PAN. Hasil dari survei tersebut akan dikirim ke DPP PAN dan diputuskan siapa yang dipilih oleh partai yang diketuai oleh Zulkifli Hasan tersebut. (*)

Editor: Roelan