Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Kerahkan 311 Personel Amankan Kunjungan Wapres JK ke Bintan
Oleh : Harjo
Jum'at | 29-05-2015 | 19:27 WIB
Jusuf-Kalla-2-jpeg.image_.jpg Honda-Batam
Wapres Jusuf Kalla.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kepolisian Resor Bintan mengerahkan 311 personel untuk pengamanan kunjungan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ke Lagoi Bay, Bintan pada Minggu (31/5/2015).

Komisaris Polisi (Kompol) Yudi Sukmayadi, Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Bintan, mengatakan personel yang diturunkan terdiri dari Patroli Pengawalan (Patwal) serta Pengamanan Lalu Lintas (Pam Lalin).

Menurutnya, setiap persimpangan jalan yang akan dilalui rombongan nantinya akan ditutup pada saat rombongan melintas. Namun demikian, hal tersebut dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas umum.

"Simpang-simpang jalan yang menjadi rute rombongan akan ditutup hanya pada saat rombongan Pak Wapres melintas saja, kita tidak akan mengganggu kepentingan umum," ujar Yudi.

Menurut informasi yang diterima pihak polisi, TNI-AD sudah mempersiapkan kekuatan sebanyak 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau 180 personil dari Yonif 135/TS serta 1 SSK atau 90 persnil,  Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan.

"Kekuatan untuk mengamankan kunjungan Pak Wapres, sudah kita siapkan 3 SSK dari Yonif 134/TS dan Kodim 0315/Bintan," ujarnya.

Tak hanya ratusan personil TNI-Polri saja yang dilibatkan untuk pengamanan kunjungan orang nomor dua di Indonesia itu ke Bintan. Sebanyak 37 Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah hampir sepekan berada di wilayah Bintan untuk memastikan wilayah Bintan steril dari potensi-potensi yang akan mengganggu kunjungan RI 2 di Bintan pada penghujung bulan Mei 2015.

Selain pengamanan yang super ketat dari personil gabungan TNI-Polri serta pengamanan khusus dari Paspampres, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan juga diketahui akan melakukan penyambutan yang super mewah.

Dalam hal ini, Pemda Bintan sudah menyiapkan 13 unit mobil Toyota Kijang Innova milik Dinas Pemkab Bintan sebanyak, 3 unit mobil sedan Camry, serta 6 mobil sewa lainnya yakni 3 mobil Pajero Sport dan 3 mobil Fortuner.

Selain 22 unit mobil mewah yang akan mengawal rombongan, ada 6 unit bus VIP juga disiapkan untuk mengawal serta mengangkut rombongan RI 2. Kepala Bidang (Kabid) Sarana Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dishub), Aris Sulistio mengatakan, seluruh kendaraan yang akan mengangkut serta mengawal rombongan Wapres RI ke Bintan, sudah diuji kelayakannya serta keamanannya.

"Untuk uji kelayakan sudah kita lakukan melalui bagian KIR, sedangkan untuk keamanan kendaraannya dilakukan pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan," ujar Aris.

Agenda kunjungan Jusuf Kalla ke Bintan kali ini, dari informasi Bagian Humas dan Protokol Pemda Bintan, akan meresmikan fasilitas rumah ibadah yang telah dibangun sebanyak 8 unit yang acaranya difokuskan di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara.

Selain ke Lagoi Bay,  Wapres juga akan melakukan peresmian 8 masjid besar kecamatan, yang dipusatkan di Masjid Besar Baitul Makmur, Tanjunguban. Beranjak dari Tanjunguban, rombongan dari Wapres akan memantau pembangunan smelter bauksit  PT Bintan Alumunia Indonesia (BAI) di Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang.

"Setelah meresmikan pembangunan masjid dan kawasan wisata baru di Lagoi, Pak Wapres akan memantau progres pembangunan Smelter di Galang Batang," kata Ronny Kartika, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bintan.

Editor: Dodo