Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Festival Reyog Tanjungpinang - Kepri 2015

Kehadiran Menpar di Festival Reyog Diharapkan Kukuhkan Peran Kepri sebagai Katalisator Budaya
Oleh : Habibi
Sabtu | 23-05-2015 | 12:01 WIB
Rev_Baliho_FRTK-2015_Final_-_8x4.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: panitia

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dijadwalkan akan membuka Festival Reyog Tanjungpinang - Kepri 2015 di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, malam ini. Kehadiran Menteri Pariwisata di festival tersebut diharapkan semakin memperkokoh peran Provinsi Kepri, sebagai daerah yang berbatasan dengan negara tetangga, bisa mendukung eksistensi budaya nasional yang sempat diklaim oleh negara jiran tersebut.

"Kesenian reyog ini tidak berasal dari Kepri, tetapi Kepri ikut mendukung eksistensi budaya nasional ini. Sebagai daerah yang berbatasan dengan negara tetangga dan bangsa serumpun, Kepri bisa berperan sebagai kawasan penyeimbang atau peredam konflik dengan negeri jiran, misalnya," kata Pramono, Humas Panitia Kegiatan, kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (23/5/2015).

Menurutnya, instrumen kebudayaan adalah salah satu bentuk manifestasi pembentuk eksistensi, di mana peran subtansialnya adalah menyatukan dan memperkuat fungsi ideologi sebagai pijakan cara berpikir, cara berucap dan cara bertindak dengan muaranya adalah stabilitas persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Bentuk manifestasi budaya salah satunya adalah dengan cara melestarikan budaya dan seni yang menjadi identitas kebangsaan kita," jelasnya.

"Atas dasar pertimbangan tersebut, kami dari organisasi kemasyarakatan Manunggaling Sedulur Kota Tanjungpinang, terlebih Provinsi Kepri, mencoba untuk mengambil peran katalisator budaya sebagai fungsi perekat antara stakeholder dengan masyarakat, dan masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya melalui ikatan ikatan kebudayaan dengan harapan semangat silaturahmi, menjadi pijakan dasar penguatan tersebut," imbuhnya.

Karena itulah dia berharap, Festival Reyog Tanjungpinang - Kepri 2015 ini bisa menjadi agenda tahunan di Kepri dan akan terjalin komunikasi yang baik antarpelaku budaya, intesitas pelestarian dalam bentuk yang konkret, serta kesinambungan.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, sendiri dijadwalkan tiba di Tanjungpinang setelah mendampingi Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, meresmikan Lagoi Bay, lokasi wisata baru di kawasan pariwasata Bintan, hari ini. Arief Yahya, didampingi Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, dan Bupati Bintan, Ansar Ahmad, dijadwalkan tiba di Lapangan Pamedan Ahmad Yani malam hari. (*)

Editor: Roelan