Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ABG Babak Belur Dihajar Warga Usai Bobol Rumah di Sagulung
Oleh : Gabriel P. Sara
Senin | 18-05-2015 | 16:57 WIB
maling1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam -  JJ, seorang anak baru gede (ABG) babak belur setelah dihajar warga Kavling Kamboja, Dapur 12, Sagulung setelah mencoba mencuri uang di salah satu rumah milik guru SD Yayasan Gapi Permata Nusantara sebesar Rp 1 juta, Senin (18/5/2015) sekitar pukul 11.30 WIB. Setelah dihajar warga, pelaku langsung digiring warga ke Mapolsek Sagulung.

Di Mapolsek Sagulung, Teti sebagai korban yang datang bersama ketua RT setempat mengatakan, saat rumah miliknya disatroni maling itu dia sedang berada di sekolah. Ketika sedang mengajar, tiba-tiba dia mendapat informasi dari tetangganya kalau rumah miliknya dibobol maling.

"Tetangga yang kabarin saya kalau rumah saya kemalingan. Saat sampai di rumah, lihat jendelanya sudah terbuka. Pas masuk, isi dalam rumah itu sudah acak-acakan," ujar Teti.

Dia kemudian memeriksa barang=barangnya dan mendapati uang sebesar Rp. 1 juta yang ia simpan dalam lemari itu sudah tidak ada. "Jendela seperti di congkel. Pas periksa, uang yang saya simpan dalam lemari itu sudah tidak ada," keluh Teti.

Sementara itu, Suprayitno selaku Ketua RT07/RW03 juga mengatakan, saat pelaku itu melakukan aksinya, kondisi sekitar Kavling Kamboja memang sepi. "Situasi sepi. Pelaku itu berjumlah dua orang. Pertama kali yang melihat itu oleh tetangga korban, perempuan. Setelah melihat maling itu, tetangga langsung teriak maling. Dengar teriakan maling itu, kedua pelaku langsung kabur," jelas Ketua RT yang biasa disapa Yetno itu.

Lanjut Yetno, warga lain yang mendengar teriakan maling itu. Dengan rasa geram, warga pun langsung mengepung kedua pelaku tersebut. Setelah mengepung pelaku, salah satu pelaku itu pun berhasil ditangkap warga dan dihajar habis-habisan.

"Pelakunya dua orang. Kedua pelaku itu juga warga setempat. Hanya selama tinggal di situ, kedua pelaku itu tidak pernah melapor ke pihak RT atau RW," kata Yetno.

Sementara itu, JJ yang masih berumur 16 tahun itu mengatakan,  dia memang sengaja mau mencuri uang yang ada di rumah korban tersebut. Uang hasil curian itu, katanya, akan digunakan untuk bersenang-senang saja. 

"Saya sama kawan saya yang masuk ke rumah itu. Kami ambil uangnya Rp. 1 juta dalam lemari. Rencananya mau senang-senang uang itu. Eh malah hasilnya kaya gini. Saya tobat, bang," kata JJ.

Kanit Reskrim Polsek Sagulung Ipda Afrizal mengatakan kasus ini sedang diselidiki. "Kita dapat laporan dari warga. Warga mengamankan salah satu pelaku pencurian. Mendengar laporan itu anggota kita langsung menjemput pelaku. Dan saat ini, pelaku sedang dalam penyelidikan," kata dia.

Editor: Dodo