Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambil Menangis, Pemilik Kios di Batam Center Ini Pasrah Dibongkar
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 07-05-2015 | 10:00 WIB
tari-kios.jpg Honda-Batam
Tari mengeluarkan barang dagangannya dari kios di depan Perumahan Batara Raya, Batam Center yang dibongkar paksa.

BATAMTODAY.COM, Batam - Para pemilik kios liar di depan Perumahan Batara Raya, Batam Center hanya bisa melihat dan bersedih hati melihat kios yang menjadi mata pencaharian selama ini dibongkar paksa oleh petugas.

Seperti halnya, Tari, ibu rumah tangga ini hanya bisa mengeluarkan air matanya ketika kios miliknya untuk berjualan kebutuhan rumah tangga dan pulsa hancur lebur.

"Saya sudah pasrah mas, mau gimana lagi," kata Tari saat memindahkan barang-barang miliknya, Kamis (7/5/2015).

Ia pun menjelaskan bahwa sudah berjualan sejak 10 tahun lalu dengan membeli kios seharga Rp 5,5 juta kepada pengembang. Dengan berjualan ini katanya mata pencaharian satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya karena suaminya juga tidak mempunyai pekerjaan tetap.

Hal senada juga diungkapkan, Atun, penjual sarapan pagi itu, juga tak bisa menahan air matanya ketika kios miliknya diratakan alat berat oleh petugas.

Sambil menangis ia pun menyesalkan sikap pemerintah yang menurutnya tak mau peduli dengan masyarakat kecil dan juga tak mau mengganti rugi padahal menurutnya kios tersebut tidak mengganggu.

"Kami bukan tidak mau digusur tapi kenapa pemerintah tidak mau mencarikan sousi," kata Atun.

Ia pun juga menjelaskan katanya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah langsung memutuskan saja tanpa ada musyawarah terlebih dahulu.

"Pemberitahuan sekali, dua kali saya tidak dikasih tahu, tiba-tiba saja sudah langsung mau digusur," kata Atun sambil menangis

Editor: Dodo