Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

350 Personel Diturunkan Tertibkan Kios Liar di Batam Center
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 07-05-2015 | 08:37 WIB
timgab-kios1.jpg Honda-Batam
Personel gabungan yang melakukan penertiban kios liar di kawasan Batam Centre, sesaat sebelum bergerak menuju ke lokasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 350 personel tim terpadu diturunkan dalam penertiban kios liar yang berada di sepanjang jalan dari depan Uniba sampai simpang Dotamana Batam Center, Kamis (7/5/2015) pagi.

Personel terpadu tersebut merupakan gabungan dari beberapa instansi, seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI, Polri, Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan (Ditpam BP) Batam, Kejaksaan, Pengadilan serta Dinas terkait.

Kepala Bidang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum (Trantib) Satpol PP Batam, Syafrul Bahri, menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah menyiapkan alat berat untuk membantu proses pembongkaran kios liar tersebut.

"Kita juga sudah siapkan ambulans serta tim medis juga untuk mengantisipasi kalau terjadi apa-apa," kata Syafrul, Kamis (7/5/2015).

Menurutnya, penertiban ini dilakukan karena kios-kios tersebut menggunakan lahan yang akan dipakai pemerintah untuk pelebaran jalan. Karena itu tim terpadu melakukan pembongkaran kios di row jalan tersebut.

Penertiban kali ini, ia katakan, hanya di sepanjang jalan depan Uniba sampai simpang Dotamana saja. Untuk kios liar lainnya, akan segera ditertibkan tapi belum ditentukan waktunya.

Seperti halnya kios liar yang berada di Simpang Frengki, menurutnya, meskipun dibekingi oleh salah satu ormas kepemudaan nantinya juga akan ditertibkan. Karena menyangkut juga marwah tim terpadu jika tidak berani.

"Masak gara-gara ada ormas pembangunan di Batam jadi terkendala," ujarnya.

Pantauan di lapangan pukul 08.30 WIB tim terpadu sudah mulai bergerak, dimulai dari depan pertokoan Alibaba Batam Center. Satu mobil pemadam kebakaran juga sudah dipersiapkan di lapangan.

Editor: Dodo