Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditpolair Polda Kepri Tangkap Pemasok BBM Ilegal MT Urban Success
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 05-05-2015 | 16:10 WIB
mt-virgo.jpg Honda-Batam
MT Virgo dilegojangkarkan di samping MT Urban Success, di dermaga Ditpolair Polda Kepri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Diretorat Polisi Perairan (Polair) Polda Kepri berhasil menangkap MT Virgo, tanker yang menjadi pemasok bahan bakar minyak ilegal ke MT Urban Success. 

Direktur Ditpolair Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi Hero Henrianto Bachtiar, mengatakan, penangkapan MT Virgo sesuai pengembangan penangkapan MT Urban Success yang sudah lebih dulu ditangkap saat hendak melakukan penyelundupan.

"Kapal MT Virgo ini pemasok minyak ilegal ke MT Urban Success. Tanker ini kita tangkap di Perairan Tanjung Kampe, Palembang, pada Senin (27/04/2015) sekitar pukul 14.00 WIB, " ujar Hero kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (05/05/2015).

Saat penangkapan MT Virgo oleh 6 orang anggota Ditpolair Polda Kepri, tidak ditemukan nahkoda kapal maupun ABK, hanya saja dokumen kapal tersebut ditemukan. 

"Nahkoda MT Virgo sudah lebih dulu kabur. Kita hanya menemukan dokumen kapal saja. Sementara muatan juga tidak ditemukan," ujarnya.

Meski demikian untuk pengembangan lebih lanjut, kapal tersebut dibawa ke markas Ditpolair Polda Kepri, Sekupang, dengan menyewa seorang nahkoda asal Batam.

Hero menjelaskan, proses transaksi minyak ilegal tersebut sesuai penyelidikan, bermula saat kapal kayu kecil menjual ke MT Virgo dan kapal MT Samudera. Selanjutnya minyak tersebut ditampung dan dijual kembali ke MT Urban Success untuk diselundupkan ke Singapura.

"Dua kapal itu eebagai pemasok minyak ilegal. Tapi kita masih buru MT Samudera," pungkasnya.

Sebelumnya, Tanker MT Urban Success yang diamankan Direktorat Polisi Perairan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau di perairan Lingga, Jumat (24/4/2015) lalu, ternyata bukan kali pertama menyelundupkan bahan bakar minyak (BBM) ke luar negeri. Tercatat, tanker berbendera Singapura ini sudah enam kali beraksi sejak 2014 lalu.

Direktur Polair Polda Kepri, Kombes Pol Hero Hendrianto, mengatakan, dari hasil pemeriksaan tujuh anak buah kapal (ABK) dan nahkoda berinisial YS, mereka sudah enam kali menyelundupkan BBM ke Singapura. (Baca: MT Urban Success Enam Kali Selundupkan BBM ke Singapura)

Editor: Dodo