Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Copa America 2011

Imbang Lagi, Suporter Cemooh Timnas Argentina
Oleh : Dodo
Kamis | 07-07-2011 | 11:54 WIB

SANTA FE, batamtoday - Siulan dan teriakan cemooh terlontar dari mulut ribuan suporter Tim Tango, Argentina setelah membukukan hasil imbang tanpa gol dengan Kolombia dalam lanjutan babak penyisihan grup A Copa America 2011 yang digelar di Estadio Brigadier General Estanislao Lopez, Santa Fe, Kamis, 7 Juli 2011 pagi WIB.

Argentina dalam pertandingan tersebut bermain kebingungan untuk membongkar pertahanan Kolombia. Pasalnya, anak asuh Hernan Dario Gomez bermain disiplin di lini tengah untuk menahan suplai bola gelandang Argentina kepada trio striker mereka, Leonel Messi, Carlos Tevez dan Ezequiel Lavezzi.

Kolombia yang mengandalkan counter attack, beberapa kali mengancam gawang Argentina yang dijaga Sergio Romero. Menit 19, umpan silang striker Dayro Moreno disambut oleh Adrian Ramos. Namun sayang, sontekan striker klub Hertha Berlin itu masih melambung meski Romero tak mampu berbuat banyak lagi.

Peluang Kolombia mencetak gol terulang lagi di menit ke 30 saat bek Gabriel Millito membuat blunder saat melakukan back pass. Bola lemah Millito disambar Ramos dan diarahkan ke gawang. Beruntung masih ada Burdisso yang melakukan body charge terhadap Ramos namun bola liar itu tak mampu dioptimalkan oleh Moreno.

Argentina bukannya tak punya kesempatan mencetak gol. Menit terakhir babak pertama, Ezequiel Lavezzi memperoleh peluang mencetak gol untuk tuan rumah setelah menerima umpan terobosan Lionel Messi. Tendangan penyerang gempal Napoli itu dapat ditahan kaki kiper Luis Martinez.

Kedua tim tidak melakukan pergantian pemain di babak kedua. Sempat muncul insiden handsball di dalam kotak penalti Kolombia, tapi wasit Salvio Fagundes menolak memberikan hukuman penalti.

Tak kunjung mampu membuahkan gol, Sergio Batista baru melakukan pergantian pemain pada menit ke-61. Dua pemain sekaligus ditarik, yaitu Esteban Cambiasso dan Lavezzi, digantikan dengan Fernando Gago dan Sergio Aguero.

Tetapi, kehadiran dua pemain baru itupun tak mampu mengangkat permainan Argentina karena pertahanan Kolombia kadung percaya diri. Tendangan Carlos Tevez melambung ke atas mistar. Sebagai balasan, Pablo Armero terlepas di sayap kiri dan tendangannya melenceng tipis dari tiang jauh Romero.

Radamel Falcao tak ketinggalan menguji kebolehan Romero dengan tendangan jarak jauh, tetapi dapat ditepis sang kiper dengan sebelah tangan.

Kedudukan tanpa gol tidak berubah hingga pertandingan berakhir. Begitu peluit panjang berbunyi, sontak siulan penonton tanda mencemooh penampilan tak memuaskan tuan rumah membahana di seantero stadion.