Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

T-shirt Masa Depan, Ubah Suara jadi Listrik
Oleh : Magid
Kamis | 07-07-2011 | 11:44 WIB
baju_listrik.jpg Honda-Batam

Kaos yang dapat mengubah suara bising menjadi listrik. Photo by crop youtube

PARIS, batamtoday - Salah satu perusahaan terkemuka di Prancis, Orange, menciptakan terobosan baru kaos multi fungsi yang dapat mengalirkan energi listrik ke ponsel atau alat komunikasi lainya. Kaos ini dilengkapi seperangkat mesin yang bisa mengubah suara menjadi listrik yang sangat bermanfaat untuk mendukung kebutuhan energi sementara.

Kaos yang diberi nama Sound Carge T-sirt tersebut memanfaatkan bahan dari Piezoeelektrik film yang mampu mengubah suara dan kebisingan menjadi energi listrik dengan cara mengompresi kristal kuarsa kecil yang dihasilkan. Listrik yang dihasilkan, kemudian tersimpan dalam batrai kecil yang kemudian dapat dimanfaatkan penggunanya untuk mengisi batrai ponsel atau i pod.

Seperti diberitakan Discovery, Kamis 07 Juli 2011, kaos cerdas ini sudah diuji dalam konser Glastonbury beberapa waktu lalu di Prancis.

"Hasil pengujian menunjukan tehnologi kaus cerdas ini berhasil. Kebisingan ternyata dapat menjadi sumber energy yang bisa dimanfaatkan secara positif," tulis Discovery.

Dengan mengenakan tehnologi ini, anda tidak perlu lagi pusing memikirkan kemana harus mencari sumber listrik jika ponsel atau alat komunikasi lainya mati.