Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RI Siap Impor Beras Lagi
Oleh : Dodo
Kamis | 07-07-2011 | 10:54 WIB

JAKARTA, batamtoday - Pemerintah menyatakan akan membuka keran impor beras dalam waktu dekat ini, apabila persediaan beras di dalam negeri kurang mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan.

"Kemungkinan impor akan dilakukan di bawah Menko (Perekonomian) dan sudah direncanakan dalam waktu dekat," kata Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu seperti dikutip dari detik, Kamis 7 Juli 2011.

Mari menegaskan, impor yang akan dilakukan nantinya hanya untuk menutupi kekurangan persediaan beras dalam negeri. Kebijakan impor yang dilakukan tidak untuk menggangu harga beras di pasaran.

"Saya tegaskan impor ini untuk jaga stok. Bukan untuk ganggu harga," ujarnya.

Mari menambahkan, kebijakan impor beras nantinya akan digunakan pemerintah untuk menjaga kestabilan ketersediaan beras dalam negeri, bukan untuk disalurkan ke pasar-pasar.

"Kita punya instrumen lain yakni selalu menjaga harga di level petani, pengadaan selalu menjaga harga tidak anjlok. Impor itu akan untuk stok bukan untuk penyaluran di pasar," imbuhnya.

Saat ini, Mari menjelaskan, persediaan beras setidaknya sampai puasa dan hari lebaran yang akan jatuh beberapa waktu lagi dirasa masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Intinya jaga stok Bulog aman sampai akhir tahun. Dari tahun ke tahun yang harus dijaga itu untuk akhir tahun. Sampai lebaran terjaga dan stabil," ujarnya.