Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditpam BP Batam Limpahkan Lima Pelaku Pembalakan Liar ke Polisi
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 30-04-2015 | 19:45 WIB
pembalak liar di batam.jpg Honda-Batam
Para pelaku pembalakan liar saat dilimpahkan Ditpam BP Batam ke Mapolresta Barelang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Pegamanan (Ditpam) BP Batam lima pelaku pembalakan liar di hutan Dam Duriangkang, dekat bundaran Bandara Hang Nadim beserta barang bukti 52 batang kayu ke Mapolresta Barelang, Kamis (30/4/2015) sore. 

Lima pelaku yang dilimpahkan bersama barang bukti terdiri dari satu sopir serta empat tukang pikul dan pemotong.

Kasubsi Penindakan Ditpam BP Batam, Puraem Sinambela, saat melimpahkan ke Sat Reskrim Polresta Barelang, mengatakan, saat penangkapan dilakukan, aktivitas pemotongan dan pengangkatan kayu di lokasi tengah berlangsung.

"Berkat informasi masyarakat dan patroli yang kita lakukan, pembalakan liar kembali digagalkan. Mereka sedang beraktivitas saat kita tangkap. Tidak perlawanan," kata Puraem di Mapolresta Barelang.

Dari pengakuan para pelaku kepada petugas Ditpam, aktivitas pembalakan liar tersebut disuruh oleh pemain kayu bernama Alam, yang tinggal di kawasan Batuaji. "Mereka mengaku dipekerjakan seoarang yang bernama Alam di Batuaji. Tugas orang-orang yang kita amankan ini, ada sebagai pemotong, pemikul dan sopir truk," lanjutnya.

Selain kayu dan para pelaku, juga diamankan satu truk dan dua unit sepeda motor. "Semua kita limpahkan ke Polisi untuk proses selanjutnya," tambah Puraem.

Sementara itu, pewarta belum mendapatkan keterangan lebih lanjut dari pihak kepolisian.

Sebelumnya, Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali menangkap pelaku pembalakan liar yang berlokasi dekat bundaran Bandara Hang Nadim, Batam, Rabu (29/4/2015). (Baca: Lagi, Ditpam BP Batam Bekuk Pelaku Pembalakan Liar)

Direktur Pengamanan BP Batam, Cecep Rusmana mengatakan, penangkapan memperoleh informasi dari warga adanya kegiatan pembalakan liar. Setelah dilakukan pengawasan dan pengecekan lokasi oleh Tim Pengamanan, mereka langsung menindaklanjuti dengan menangkap para pelaku sebanyak 5 orang yang pada saat itu tiba di lokasi dan hendak mengangkut kayu-kayu gelondongan hasil pembalakan ke atas truk.
 
Editor: Dodo
‎