Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dunia Masih Rentan Penyakit Akibat Infeksi
Oleh : Redaksi
Kamis | 30-04-2015 | 10:27 WIB
kantor_WHO.JPG Honda-Batam
Kantor WHO. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM - ORGANISASI kesehatan dunia (WHO) memperingatkan banyak negara yang tak siap menghadapi resistensi terhadap antibiotik. Dalam laporan yang diterbitkan Rabu (29/4/2015), WHO mengatakan resistensi antibiotik kini ada di berbagai belahan dunia dan digambarkan sebagai tantangan terbesar bagi penyakit yang disebabkan infeksi.

Hal ini membahayakan karena akan membuat pengobatan terhadap penyakit seperti tuberkulosis, infeksi darah, malaria dan HIV AIDS akan menjadi kurang efektif. Obat-obatan antimikroba seperti antibiotik telah menyelamatkan jutaan jiwa tetapi penyalahgunaan dan penggunaan berlebihan telah mengalahkan keberhasilannya.

WHO mengatakan, segala jenis mikroba, termasuk beberapa virus dan parasit, menjadi kebal terhadap antibiotik.

Penelitian WHO ini memperlihatkan ketidaksiapan banyak negara mengatasi hal ini. Dari 133 negara yang disurvei, hanya 34 di antaranya yang memiliki perencanaan untuk melawan resistensi ini.

Di banyak negara, antibiotik masih banyak dijual tanpa resep dokter, dan banyak orang tak sadar bahwa antibiotik tak bisa membunuh virus dalam tubuh.

WHO telah membuat rencana aksi untuk melawan resistensi antimikroba. Rancangan ini akan dipresentasikan kepada negara anggota pada pertemuan kesehatan tahunan di Jenewa, Swis, bulan depan. (*)

Sumber: BBC